Ke Mana Milenial Menghabiskan Uangnya?

Hasanuddin Ali · Kamis, 30 November 2017 - 21:47 WIB


Hasanuddin Ali
CEO ALVARA Research Center

BEBERAPA bulan lalu beberapa media massa ramai memberitakan generasi milenial Jakarta kesulitan membeli rumah. Separah itukah kondisi keuangan generasi milenial?

Demi menjawab pertanyaan itu, saya kembali membuka hasil riset Alvara Research Center dan akhirnya menemukan data alokasi pengeluaran konsumen Indonesia berdasarkan survei nasional bulan Desember 2016.

Untuk menyederhanakan analisis, pengeluaran tersebut dibagi menjadi sembilan kelompok, yakni kebutuhan dasar (sandang, pangan, papan, termasuk pendidikan, kesehatan), telepon, internet, tabungan, investasi, asuransi, cicilan, hiburan, dan donasi.

Hasil survei tersebut menunjukkan, pengeluaran terbesar milenial dan generasi sebelumnya tetap sama, yakni pengeluaran yang terkait kebutuhan dasar mereka. Yang membedakan milenial dan generasi sebelumnya, yaitu pengeluaran milenial untuk komunikasi, internet, dan hiburan lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Kalau melihat data, ada  indikasi generasi milenial lebih banyak mengeluarkan uangnya untuk tiga kelompok pengeluaran tadi dengan mengorbankan tabungan dan pengeluaran lainnya.

Milenial versus Gen X


Untuk mempertajam analisis, saya coba membandingkan komposisi pengeluaran antara milenial yang tinggal di kota dan milenial yang tinggal di desa. Ternyata hasilnya cukup signifikan perbedaannya. Proporsi pengeluaran rural milennial terkait kebutuhan dasar jauh lebih tinggi dibanding urban millennial.

Data tersebut juga menunjukkan, selain untuk memenuhi kebutuhan dasar, proporsi pengeluaran urban millenial untuk komunikasi, internet, dan hiburan lebih tinggi dibanding rural millennial. Ini menunjukkan fenomena gaya hidup milenial itu adalah gaya hidup masyarakat kota.


Pengeluaran yang tinggi untuk komunikasi dan internet tercermin dengan tingginya konsumsi internet generasi milenial. Sebagian besar generasi milenial menghabiskan lebih dari tujuh  jam sehari berselancar di dunia maya. Bila Gen X dan Baby Boomer mengenal pepatah mangan ora mangan asal kumpul, maka bagi generasi milenial, pepatah yang lebih tepat:  mangan ora mangan asal connect.

KOMENTAR