Ini Arti Nomor Urut Bagi 4 Pasangan Cagub-Cawagub Jabar

Yogi Pasha · Selasa, 13 Februari 2018 - 23:07 WIB

Empat pasangan cagub-cawagub Jabar menunjukkan nomor urut yang mereka peroleh. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id - Empat pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur (Cagub-Cawagub) Jawa Barat sudah mendapat nomor urut untuk kampanye dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jabar 2018.

Dalam rapat pleno yang digelar KPU Jabar, pasangan calon (Paslon) Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) mendapatkan nomor urut 1, paslon TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) nomor urut 2, paslon Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) nomor urut 3, dan paslon Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Dua DM) nomor urut 4.

Keempat paslon peserta Pilgub Jabar ini semula menanggapi berapa pun nomor urut yang diperoleh bukan persoalan besar. Semua nomor urut yang telah dipilih merupakan nomor yang baik.

Namun, setelah para paslon mendapatkan nomor urut muncul penilaian berbeda. Mereka mengaku senang dengan nomor urut yang diperoleh. Seperti Paslon Rindu, misalnya. Menurut Ridwan Kamil, mendapat nomor urut 1 adalah hasil dari doa semua orang. Menurut dia, hampir 90 persen pendukungnya memang menginginkan nomor satu. Tetapi, tidak tahu bagaimana caranya ternyata doa itu seperti terkabul.

"Ini doa semua orang. Waktu umrah saya berdoa ingin nomor satu. Tadi, ibu saya juga bilang bismillah tiga kali agar sesuai dengan yang diharapkan, dan saya lakukan sesuai perintah ibu," kata Emil seusai pengundian nomor urut di SOR Arcamanik, Bandung, Selasa(13/2/2018), malam.

BACA JUGA:

Ini Hasil Lengkap Pengundian Nomor Urut Kandidat Pilgub Jabar

Jelang Penetapan Undian Nomor Urut, Ini Kata Kandidat Pilgub Jabar

Padahal, Emil mengaku sudah pasrah saat mendapat urutan keempat dalam pengundian nomor. "Tapi, saya bismillah tiga kali dan pas dibuka alhamdulillah nomor satu. Slogannya juga enak. Jabar Juara, juara ke berapa juara ke satu," kata Emil.

Dia menyebutkan, posisi nomor satu ini sudah enak. Nomor urut satu menjadi semangat untuk menjadi juara. Selain itu, tim kreatif akan mudah membuat slogan-slogan Jabar Juara.

Sekarang, tinggal kerja keras mulai besok lusa saat kampanye untuk bertemu masyarakat yang ada di desa, dan kampung, pasar, jalanan, karena dan seluruh pelosok Jabar. Karena kemenangan harus membutuhkan kerja keras dan doa dari seluruh orang yang mendukung.

"Hasil survei masih baik. Tapi tidak akan takabur, hasil survei sebagai referensi untuk menyemangati pasangan Rindu dengan kerja kreatif, Semoga efisien, dan juga cara berakhlak, tidak menggunakan cara-cara black campaign," ujar dia.

Pasangan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan pun menyebut nomor urut 2 yang diraihnya sesuai dengan harapan. "Malam yang sangat bahagia. Yang kami cita-citakan tepat sesuai harapan," katanya.

Dia menilai, raihan nomor 2 ini sesuai dengan keseimbangan alam yang diberikan Tuhan. "Ada wanita dan laki-laki, siang-malam, gelap-terang. Ini lambang kemenangan," ujarnya.

Sedang pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) mengaku, mendapatkan nomor urut 3 adalah sebuah keberuntungan. Sementara calon gubernur Deddy Mizwar menyebut nomor yang diraihnya merupakan pemberian Tuhan. "Tidak ada yang kebetulan," katanya.

Dia mengenang kesuksesannya pada Pilgub Jawa Barat 2013 saat berpasangan dengan Ahmad Heryawan juga mendapatkan nomor urut 4. "Saat itu saya dan Kang Aher dapat nomor 4. Sekarang ingin mengulang kesuksesan," katanya.

Dia pun menyebut, nomor 4 ini sesuai dengan logo tangan yang diciptakan timnya. Calon wakil gubernur Dedi Mulyadi mengatakan, nomor 4 merupakan pertanda baik.

Menurutnya, nomor 4 ini pun sesuai dengan falsafah Sunda tentang unsur bumi, yakni tanah, matahari, air, dan udara. "Kami juga ingin kesetaraan, sesuai dengan kerajaan Pajajaran. Tidak ada yang lebih tinggi, tidak ada ningrat. Kita semua sama," katanya.

Acara yang dikemas atas kerja sama iNewsTV dan KPU Jabar itu mengusung tema "Pintar Pilih untuk Jabar". Rangkaian kegiatan pun berlangsung meriah dan tertib.


Editor : Kastolani Marzuki

KOMENTAR

;