Banjarnegara, Puluhan Pasutri Ajukan Cerai di Valentine Day

Elis Novit · Rabu, 14 Februari 2018 - 09:20 WIB

Puluhan pasangan suami istri (Pasutri) di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) mengajukan perceraian bertepatan dengan Hari Valentine. (Foto: iNews)

BANJARNEGARA, iNews.id - Puluhan pasangan suami istri (Pasutri) di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) mengajukan perceraian bertepatan dengan Hari Valentine. Semua pasangan memiliki kemiripan alasan cerai, yakni merasa sudah tidak ada kecocokan dalam membina rumah tangga.

Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Malik Ibrahim mengatakan, menerima 51 berkas pengajuan cerai, Rabu (14/2/2018). Menurutnya, selain karena alasan tidak lagi cocok, perceraian juga disebabkan faktor ekonomi.

"Di sini ada dua versi (perceraian), selain gugat cerai ada juga cerai talak. Untuk 51 perkara cerai yang masuk bertepatan dengan Valentine Day didiminasi gugat cerai," kata Malik di ruang kerjanya, Banjarnegara.

Dia menyampaikan, angka perceraian di Banjanegara tergolong cukup tinggi, yakni mencapai ribuan perkara per tahun. Namun, kata dia, angka tersebut masih tergolong rendah ketimbang daerah lain di Jateng.

"Sepanjang 2017 ada 1.794 perkara gugat cerai dan 678 perkara cerai talak. Banjanegara termasuk ranking menengah di Jawa Tengah," ucapnya.

Sejauh ini antrean sidang perceraian di Pengadilan Agama Banjarnegara masih mengular. Rupanya Hari Kasih Sayang ternyata bagi sebagian tidak memiliki pengaruh dibuktikan dengan mengajukan cerai.


Editor : Achmad Syukron Fadillah

KOMENTAR

;