Ganjar-Yasin Dapat Nomor Urut 1, Sudirman Said-Ida Fauziyah Nomor 2

Ahmad Antoni, Koran SINDO · Selasa, 13 Februari 2018 - 22:43 WIB

Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah (kiri) dan pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin menunjukkan nomor urut undian yang mereka dapatkan di Pilgub Jateng. (Foto-foto: Koran SINDO/Ahmad Antoni)

SEMARANG, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah resmi menetapkan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2018.

Dalam rapat pleno pengundian nomor urut di Hotel Patra Jasa Semarang, Selasa (13/2/2018) malam, pasangan calon (Paslon) Ganjar Pranow-Taj Yasin (Gus Yasin) mendapatkan nomor urut 1 dan pasangan Sudirman Said -Ida Fauziyah memperoleh nomor urut 2.

Hasil undian nomor urut tersebut disambut gembira pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah. Sudirman Said mengaku, sudah merasa akan mendapatkan nomor urut dua. "Nomor dua dalam sila Pancasila adalah  kemanusiasn yang adil dan beradab. Ini artinya tugas kemanusian bagi kita untuk membawa Jawa Tengah lebih adil dan beradab bagi masyarakatnya," ucapnya.

BACA JUGA: Cagub-Cawagub Jateng Dikawal Polisi Khusus Selama 24 Jam



Pendamping Sudirman, Ida Fauziyah mengaku, sebelum pengundian selalu menginginkan dapat nomor dua. Menurut Ida, nomor dua adalah angka keberuntungan. "Kita mulai pesta demokrasi ini dengan aman dan tertib. Ini adalah pesta masyarakat Jawa Tengah maka mari kita sambut dengan gembira," kata Ida.

Sementara calon gubernur petahana Ganjar Pranowo tidak memberikan komentar apa-apa terkait hasil undian nomor urut tersebut. Dia hanyamengajak seluruh masyarakat untuk menciptakan pilkada yang aman dan tertib.

Ganjar mengaku masih memilik waktu satu hari sebelum masa cuti dan akan dimanfaatkan untuk melantik sejumlah penjabat sementara (Pjs) bupati yang mengikuti pilkada. "Besok sore, saya mulai keluar dari rumah dinas, karena memang sudah ketentuannya," ujarnya.

Berbeda dengan Ganjar, Gus Yasin menilai nomor satu merupakan tanda bahwa dia dan Ganjar Pranowo akan menjadi yang yang pertama atau meraih kemenangan di Pilgub Jateng. "Saya bersyukur dapat nomor satu dan insyaallah nomor ini bisa menjadikan kami yang nomor satu," katanya.



Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan, setelah penetapan nomor urut tahapan berikutnya masa kampanye yang akan dilakukan mulai 15 Februari sampai 23 Juni 2018.Hari tenang dilakukan pada 24-26 Juni 2018 dan pemungutan suara digelar 27 Juni 2018. "Mulai tanggal 15 sudah boleh melakukan kampanye di seluruh Indonesia," katanya.

Untuk kampanye tidak dijadwalkan, namun debat calon akan dijadwalkan yang waktunya masih dirancang tim KPU. "Ada usulan untuk debat dilakukan sebelum Ramadan dan sesudah Ramadan," ujarnya.

Joko menambahkan, untuk kampanye pihaknya sudah menyiapkan alat peraga kampanye sekitar 11.460 lembar umbul-umbul, 175 baliho, dan 17.152 lembar spanduk.

Pengundian nomor urut itu diwarnai perang yel-yel antarkedua pendukung paslon. Tidak hanya yang berada di dalam ruangan, para pendukung yang berada di luar gedung juga tak henti-hentinya memberikan dukungan kepada masing-masing pasangan calon mereka.

Kedua paslon juga melakukan deklarasi pilkada damai dan berjanji untuk menciptakan pilkada yang aman tertib untuk mewujudkan kemakmuran dan kemajuan Jateng.


Editor : Kastolani Marzuki

KOMENTAR

;