Kerap Lukai Korban, Begal Sadis di Probolinggo Ditembak Polisi

Hana Purwadi · Minggu, 17 Desember 2017 - 21:53 WIB

Pelaku begal sadis di Probolinggo usai menjalani operasi pengangkatan peluru di rumah sakit. (Foto: iNews/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO, iNews.id - Seorang begal sadis yang sering beroperasi di wilayah Kota Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), Panji dilumpuhkan petugas lantaran melawan saat hendak ditangkap. Penangkapan pelaku setelah polisi bekerja sama dengan para debt collector di Probolinggo.

Seorang debt collector, Sahal menuturkan, dia dimintai tolong polisi untuk mencari pelaku yang kerap merampas sepeda motor dengan modus sebagai debt collector.

“Kami konfirmasi kawan-kawan sesama profesi untuk mencari keberadaan pelaku. Pelaku sebenarnya tertangkap di rumah kontrakannya di kawasan Probolinggo Selatan, karena pelaku mengaku anggota Brimob dan membawa pistol kami mengurungkan diri dan pelaku kabur,” kata dia, Minggu (17/12/2017).

Sahal kemudian berkoordinasi dengan kepolisian untuk membuktikan pelaku benar sebagai anggota polisi. Setelah dikroscek, pelaku ternyata polisi gadungan. “Orang ini ternyata Brimob gadungan, setelah itu polisi mencari pelaku hingga akhirnya dapat ditangkap di kawasaan perkotaan,” tutur dia.

Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad menjelaskan pelaku sebelum tertangkap kerap berpindah-pindah tempat tinggal di Probolinggo, Jember dan Banyuwangi. Saat ditangkap, Panji terpaksa ditembak lantaran melawan. “Pelaku dalam aksinya tergolong licin dan selalu lolos dari sergapan petugas,” ujarnya.

Fadly menambahkan, saat beraksi pelaku tidak segan untuk melukai korbannya. Kasus demikian, kata dia, terakhir dialami oleh Fany, warga Kademangan itu mengaku sepada Honda Vario miliknya dirampas pelaku di kawasan Wonoasih.

“Korban tidak berkutik ketika motor dirampas pelaku karena mengaku debt collector. Dengan mengaku debt collector pelaku leluasa mempedayai dan merampas motor. Tapi jika korban melawan, pelaku akan menodongkan sebilah celurit ke korban,” tuturnya.


Editor : Dony Aprian

KOMENTAR

;