Ekonomi Global Pulih, Harga Minyak Dunia Makin Memanas

Rahmat Fiansyah · Jumat, 12 Januari 2018 - 09:01 WIB

Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

NEW YORK, iNews.id – Harga minyak dunia menyentuh level tertinggi dalam tiga tahun terakhir di tengah pulihnya perekonomian global yang mendorong permintaan minyak sekaligus pengetatan produksi minyak yang dikomandoi oleh Organisasi Eksportir Minyak Dunia (OPEC) bersama Rusia.

Mengutip CNBC, harga minyak mentah Brent yang menjadi acuan harga internasional, menembus batas psikologis 70 dolar per barel Amerika Serikat (AS) atau tertinggi sejak Desember 2014. Harga Brent menyentuh pada posisi 70,05 dolar per barel atau sedikit lagi menyentuh level tertinggi pada 4 Desember 2014 dengan kontrak harga sebesar 70,60 dolar AS per barel.
Sementara itu, harga minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) juga naik 23 sen ke level 63,80 dolar AS per barel. Angka ini menyentuh level tertinggi sejak 8 Desember 2014 yang saat itu mencapai 64,77 dolar AS per barel.

“Saya pikir harga minyak mulai sulit untuk naik jauh lebih tinggi lagi dari posisi saat ini. Tapi kita mungkin dalam proses untuk melewati rekor yang sebelumnya pernah kita bicarakan,” kata John Kilduff, founding partner di Again Capital, sekuritas energy hedge fund.

Minggu lalu, Kilduff memperkirakan harga Brent memproyeksikan harga Brent akan menyentuh level 70 dolar AS per barel sementara harga minyak AS akan menyentuh rekor dan bergerak pada kisaran 65-67 dolar AS per barel. Kilduff mengatakan, dengan harga minyak yang makin ‘mendidih’ seperti saat ini, para anggota OPEC dan produsen minyak lain akan mulai memompa lebih banyak minyak untuk memanfaatkan kenaikan harga.


Editor : Ranto Rajagukguk

KOMENTAR