Kiat Sukses Membangun Bisnis Startup Bagi Pemula

Ade Miranti Karunia Sari · Minggu, 14 Januari 2018 - 14:12 WIB

Saat ini bisnis startup menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id Saat ini bisnis startup menjadi bisnis yang sedang marak dibangun.  Bahkan akhir-akhir ini banyak pengusaha  yang suskes mendirikan usaha baru berbasis digital tersebut.

Bagi Anda yang juga tertarik membuka bisnis startup, ada baiknya mempertimbangkan segala risikonya. Bisnis startup adalah usaha untuk memecahkan suatu masalah dengan memanfaatkan teknologi.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan jika ingin memulai bisnis startup ? Berikut dilansir iNews,id dari berbagai sumber sejumlah kiat yang dapat Anda lakukan membangun bisnis startup dari awal.

 

Butuh Keberanian

Jika kalian masih ragu atau tidak berani, jangan sesekali nekat untuk memulai usaha startup. Apalagi sudah memikirkan kerugiannya. Namanya juga membangun usaha, pasti ada risiko yang akan dihadapi. Jatuh bangun dalam membangun bisnis itu wajar, setidaknya kalian berani memulainya.

 

Konsultasi ke Pakar Bisnis

Ini sangat dianjurkan agar memantapkan niat melangkah membangun usaha startup. Pakar bisnis yang dimaksud, orang yang sudah berpengalaman dan pernah merasakan untung ruginya dalam memulai bisnis startup. Pastikan orang yang bisa diajak sharing adalah orang yang paham benar bisnis yang diambil dan kalau bisa yang bisa dipercaya. Jika tidak, saat Anda baru mau merintis usaha startup, justru menjadi pesaing bahkan memegang kartu AS Anda saat mengetahui kisi-kisi bisnis yang mau dipilih.

 

Cari Partner untuk Join Bisnis Startup

Cara ini lumayan menopang dari segi pendanaan untuk memulai bisnis startup sekaligus membantu Anda untuk membuahkan ide-ide kreatif sebagai pengembangan usaha startup yang dijalani bersama. Apalagi tim tersebut orang yang sangat memahami perasaan dan se-visi misi dengan Anda. Carilah partner yang bisa Anda percaya dan waspada akan pengkhianatan sebagai rekan tim.

 

Pastikan Modal Cukup dan Cari Karyawan

Baru mulai merintis, pastikan calon karyawan yang dipilih yang memenuhi persyaratan dan mampu menguasai bidangnya masing-masing. Saat memulai bisnis startup, pastikan jumlah karyawan yang diperlukan. Mungkin untuk awal tidak perlu banyak. Ketika nanti sudah mulai berekspansi, barulah merekrut karyawan besar-besaran.

 

 


Editor : Nanang Wijayanto

KOMENTAR