Manfaatkan Momentum, Rupiah Bakal Makin Bertenaga Lawan Dolar AS

Isna Rifka Sri Rahayu · Kamis, 15 Februari 2018 - 07:47 WIB

Ilustrasi (Foto: iNews.id/Yudistiro)

JAKARTA, iNews.id - Laju rupiah hari ini diprediksi bergerak pada kisaran support 13.636 dan resistance 13.612. Adanya sentimen positif dari kenaikan pergerakan mata uang lainnya terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dapat berimbas positif juga pada rupiah.

"Pergerakan rupiah yang baru berbalik positif harus kembali diuji ketahanannya untuk tetap bergerak positif," kata Analis Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada dalam risetnya kepada iNews.id, Kamis (15/2/2018).

Pergerakan rupiah sebelumnya mampu bertahan di atas support 13.662 dan juga melampaui target resistance 13.642, sehingga diharapkan lajunya dapat lebih positif. Namun, ia menyarankan agar tetap waspada terhadap berbagai sentimen yang dapat memicu pelemahan kembali.

Laju rupiah yang mampu bergerak positif seiring dengan masih terdepresiasinya dolar AS kemarin. Berkurangnya tekanan terhadap kekhawatiran pelaku pasar akan percepatan kenaikan agresif tingkat suku bunga The Fed memberikan kesempatan bagi mata uang lainnya terhadap dolar AS untuk berbalik menguat.

Terutama pada euro dan yen yang mampu menguat terhadap dolar AS. Pelemahan pada dolar AS didasari pada aksi tunggu pelaku pasar terhadap rilis inflasi di AS.

Di sisi lain, rilis kenaikan pertumbuhan ekonomi Jerman memberikan sentimen positif pada naiknya euro. Namun rupiah kali ini mampu memanfaatkan momentum terjadinya kenaikan meski tidak banyak sentimen positif dari dalam negeri.


Editor : Ranto Rajagukguk

KOMENTAR