Mengintip Hobi Inspiratif Bill Gates, Pendiri Microsoft

Rahmat Fiansyah · Sabtu, 06 Januari 2018 - 18:18 WIB

Pendiri Microsoft Corporation Inc., Bill Gates (Foto: Okezone.com)

WASHINGTON, iNews.id – Bill Gates drop out dari Universitas Harvard Amerika Serikat (AS) untuk membangun perusahaan sendiri, Microsoft Corporation Inc,. Kerja keras dan dedikasinya yang luar biasa pada pekerjaan mengantarkannya masuk dalam daftar 400 orang terkaya di dunia selama 24 tahun versi Majalah Forbes.

Sempat dinobatkan sebagai orang nomor satu terkaya di dunia selama beberapa tahun, Bill Gates harus legowo turun ke posisi kedua sejak tahun lalu digantikan oleh Pendiri Amazon.com Inc yang berkepala plontos, Jeff Bezos.

Selepas dari aktivitasnya sebagai pengusaha, Gates yang sudah menginjak usia 62 tahun kini dikenal sebagai seorang filantrop. Bersama dengan istrinya, Gates mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan amal terbesar di dunia. Saat ini, Gates lebih banyak fokus memberantas polio di Afrika, meneliti Alzheimer, dan memperbaiki sistem pendidikan.

Meski memiliki pekerjaan mulia yang begitu besar, Gates tetaplah manusia biasa. Lewat Majalah TIME, Gates menceritakan aktivitas kesehariannya yang biasa, sebagai relaksasi atas kepenatan yang kadang dialaminya.

”Saat berusia 20-an dan 30-an awal, seluruh hidup saya, saya dedikasikan sepenuhnya untuk pekerjaan. Tapi belakangan ini, saya menyeimbangkan pekerjaan yang saya cintai dengan yayasan saya dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat,” kata Gates, dikutip dari CNBC, Sabtu (6/1/2018).

Berikut ini beberapa hobi Gates yang dijalankan sejak tidak terlibat langsung dengan Microsoft.

1. Bermain Games

Siapa sangka Gates ternyata suka bermain games? Gates mengaku menyukai permainan kartu dan permainan papan Settlers of Catan.

“Orang yang pertama kali mengajari saya main kartu adalah orangtua. Tapi, saya benar-benar menikmati permainan ini setelah bermain dengan Warren Buffet. Permainan ini membutuhkan berbagai strategi dan kerja sama supaya menang. Kami selalu mencari waktu untuk bermain ketika kami bertemu,” kata Gates.

Buffet yang juga miliuner seperti Gates pernah mengatakan kepada The Washington Post, bahwa dirinya menghabiskan waktu delapan jam setiap minggu untuk bermain kartu. “Permainan kartu adalah latihan terbaik untuk otak,” kata Buffet.

Sementara itu, Gates menyebut permainan papan Settlers of Catan adalah permainan favorit keluarganya. “Melinda, anak-anak saya, dan saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam duduk mengitari permainan itu untuk berdagang sumber daya alam, membangun kota, dan meracik strategi untuk menjadi juara dengan mengumpulkan 10 poin kemenangan,” tutur Gates.

2. Bermain tenis

“Saya telah bermain tenis sepanjang hidup saya. Tahun lalu, saya bermain tenis dengan Roger Federer untuk menggalang dana untuk yayasan amalnya. Saya tidak bilang itu merupakan pertandingan yang paling santai yang pernah saya mainkan, tapi sangat menyenangkan, ” tulis Gates.

Kawan miliuner Gates, Richard Branson juga merupakan penggemar tenis. Branson menyebut, pelajaran yang dia peroleh di lapangan tenis seringkali dia terapkan pada bisnisnya.

“Lupakan kesalahan sebelumnya dan melangkahlah pada tantangan baru. Tenis, seperti bisnis, bergerak begitu cepat sehingga jika Anda berlarut-larut memikirkan masa lalu bahkan hanya beberapa menit saja, maka kesempatan akan pergi dan momen akan hilang,” kata Branson.

Gates dan Branson adalah teman baik dan pengusaha lainnya seperti Mark Zuckerber, Oprah Winfrey, dan Mark Cuban juga memprioritaskan raganya untuk tetap aktif.

“Sangat penting bagi saya untuk tetap bugar. Melakukan apapun butuh energi dan Anda hanya akan memiliki banyak energi saat Anda bugar,” ujar Zuckerberg.

3. Membaca buku

Gates dikenal sebagai penggila buku.

“Rata-rata, saya mencoba untuk menghabiskan satu buku dalam satu minggu, dan saya selalu membawa satu tas penuh buku ketika berlibur,” tulis Gates kepada TIME.

Gates mengaku membaca buku membuatnya santai. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan Universitas Stanford, membaca novel akan meningkatkan aliran darah ke rongga-rongga otak yang jarang terpakai.

Warren Buffet dan Mark Cuban juga dikenal sebagai penggila buku. Cuban mengatakan, “Banyak sekali orang yang mengalokasikan waktunya untuk menambah pengetahuan,”. Cuban mencoba membaca setidaknya tiga jam sehari untuk membuat pikirannya tetap tajam sementara Buffet setidaknya menghabiskan lima sampai enam jam sehari untuk membaca.”

4. Travelling

Sama seperti orang-orang pada umumnya, Gates mengaku senang berpergian atau travelling. Menurut Gates, travelling memberikan banyak inspirasi dan pelajaran bagi hidupnya. Tapi tidak seperti pada orang-orang pada umumnya, Gates sering berpergian ke daerah-daerah miskin di Afrika.

“Pada tahun 1993, Melinda dan saya mengunjungi Tanzania, Kenya, dan Zaire. Perjalanan itu mengubah hidup kami sekaligus menginspirasi kami untuk mendirikan yayasan dan terlibat dalam kegiatan filantropis lebih cepat dari yang kita rencanakan sebelumnya,” tulis Gates.

Gates juga mengatakan dirinya siap berbagi dengan semua orang tentang perjalanannya dalam bentuk VR video karena menurutnya mustahil bagi banyak orang untuk mengelilingi dunia seperti dirinya. Tujuannya, kata Gates, “untuk melihat apa yang saya lihat dan saya pelajari."


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR