OJK Minta Pemegang Polis AJB Bumiputera untuk Tenang

Isna Rifka Sri Rahayu · Kamis, 15 Februari 2018 - 14:42 WIB

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso (Foto: iNews.id/Isna)

JAKARTA, iNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pengelola Statuter Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) saat ini tengah menyiapkan program penyehatan AJBB yang komprehensif terhadap asuransi tertua di Indonesia tersebut.

"Bersama pengelola statuter OJK bersungguh-sungguh dalam menyiapkan program penyehatan AJBB yang diharapkan berjalan cepat, efektif dan komprehensif, serta mampu melindungi pemegang polis dan industri asuransi," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso di kantornya, Rabu (15/2/2018).

Untuk itu, ia meminta semua pemegang polis di AJBB tetap tenang dan bersabar menunggu proses penyelamatan. Sebab, dari sisi bisnis dan pendanaan AJBB masih berjalan normal.

"Pemegang polis diminta tetap tenang karena kita ingin upaya membangun kembali kejayaan AJB mendapat dukungan dari semua pihak. Namanya penyelamatan kan pasti kan ada proses. Proses detailnya ya tunggu nanti kalau udah operasi baru ada prosesnya," kata dia.

Berdasarkan evaluasi, program penyehatan AJBB sebelumnya tidak dapat berjalan sesuai yang diharapkan, sehingga harus dilakukan program yang komprehensif.

"Kemarin kan ada skema penyelematan yang dulu, skema penyelematan yang dulu kita ubah karena rupanya tidak jalan, tidak ada cashflow yang masuk, sehingga ini kita batalkan. Sudah sepakat dan akhrinya kita kembalikan dan tinggal ini operasi lagi dengan AJB yang lama" ujarnya.

Menurut dia, program penyehatan AJBB harus dilakukan secara menyeluruh, dengan menyentuh persoalan mendasar yang harus segera diperbaiki, antara lain menyangkut struktur kelembagaan beserta aturan pelaksanaanya (yang akan diatur dalam Peraturan Pemerintah), manajemen dan sumber daya manusia, tata kelola dan manajemen risiko, sistem dan teknologi informasi hingga strategi dan saluran distribusi pemasaran.

Sebelumnya, berbagai berita negatif yang menerpa AJBB sepanjang 2016 telah dijawab Pengelola Statuter Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) dengan langkah-langkah korporasi dan restrukturisasi. Langkah-langkah itu melahirkan skema penguatan perusahaan untuk mengoptimalkan terjaminnya kepentingan 6,5 juta pemegang polis.

Pengelola Statuter AJBB bidang Komunikasi, SDM, dan Umum, Adhie M Massardi mengatakan upaya yang dilakukan Pengelola Statuter adalah memobilisasi sumber daya pembiayaan untuk memenuhi kewajiban perusahaan kepada pemegang polis. Dengan begitu, pelepasan aset properti senilai Rp4,3 triliun lebih merupakan stimulus untuk menambah pendapatan.


Editor : Ranto Rajagukguk

KOMENTAR