Pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang Capai 42 Persen

Ade Miranti Karunia Sari · Minggu, 14 Januari 2018 - 16:56 WIB

Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang ditargetkan beroperasi akhir 2018. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus mengebut pembangunan fisik ruas Jalan Tol Pandaan-Malang yang total panjang keseluruhannya sepanjang 38,488 kilometer.

Pada pertengahan Januari 2018 ini progres proyek pembangunan fisik ruas jalan tol Pandaan-Malang untuk seluruh seksi gabungan sudah mencapai 42 persen. Sedangkan dalam aspek pembebasan lahan progesnya mencapai 80,6 persen.

“Kami terus berupaya menyelesaikan pembebasan lahan agar bisa selesai sesuai target,” ujar Assistent Vice President (AVP) Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru melalui keterangan resminya yang diterima iNews.id di Jakarta, Minggu (14/1/2018).

Menurut dia, sesuai instruksi dari pemerintah, target pembangun ruas Tol Pandaan-Malang rampung akhir 2018. Tujuan dari pembangunan tol tersebut untuk mengurai kemacetan, sekaligus dapat memangkas waktu tempuh dari Malang menuju Pandaan atau arah sebaliknya.

“Sebab itu, kami terus bekerja merampungkan pembebasan lahan guna mengejar target sampai akhir 2018,” katanya.

Dia mengatakan, Jalan Tol Pandaan-Malang nantinya akan terhubung dengan Jalan Tol Gempol-Pandaan. Dengan begitu, beroperasinya Jalan Tol Pandaan-Malang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di khususnya di Jawa Timur

“Kalau ini beroperasi nantinya akan mempercepat arus distribusi barang dan jasa serta meningkatkan perekonomian di Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur,” tuturnya.

Secara rinci pihaknya menyebutkan, Jalan Tol Pandaan-Malang dirancang memiliki lima seksi. Pengerjaan seksi I dilakukan di ruas jalur Pandaan-Purwodadi dengan panjang 15.475 km. Saat ini, progres pembebasan lahan tersebut telah mencapai 87 persen, sedangkan untuk progres konstruksi sudah mencapai 25 persen.

Sementara, untuk Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8.05 Km, saat ini pembebasan lahan sudah mencapai 81,57 persen dan pekerjaan konstruksi sudah mencapai 9,37 persen. Seksi III Lawang-Singosari panjang 7,10Km, progres pembebasan lahannya sudah mencapai 95,85 persen dan progres konstruksi mencapai 6,803 persen.

Kemudian, seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4.75 km progres pembebasan lahannya telah mencapai angka 68,43 persen, sedangkan progres konstruksinya baru mencapai 0,351 persen.

Adapun progres pembebasan lahan untuk Seksi V Pakis-Malang dengan panjang 3.113 km  mencatatkan angka 41,83 persen dan realisasi proyek yang baru mencapai 0,42 persen.

 


Editor : Nanang Wijayanto

KOMENTAR