Taksi Online Demo, Menko Luhut: Aturan Bukan Maunya Kamu Saja

Isna Rifka Sri Rahayu · Rabu, 14 Februari 2018 - 20:01 WIB

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan (Foto: Kemenko Maritim)

JAKARTA, iNews.id - Siang ini, Rabu (14/2/2018) ratusan pengemudi taksi online melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Merdeka. Demo ini bukan pertama kali dilakukan oleh pengemudi untuk memprotes Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 tahun 2017 yang diberlakukan 1 Februari 2018.

Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman mengatakan, para pengemudi taksi online seharusnya menaati aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah.

"Semuanya kan ada aturan, kita juga harus mengikuti aturan. Tidak boleh kalau semuanya tidak ada aturan, kalau bebas-bebas gitu saja bagaimana? Mesti ada aturan, dan aturan itu tidak harus maunya kamu saja," kata Luhut saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

BACA JUGA: Ratusan Taksi Online Kembali Unjuk Rasa terkait Permenhub No 108 (Berita Video)

Ia melanjutkan, jika hanya menuruti kemauan pengemudi taksi online maka taksi konvensional akan merasa tidak adil. Untuk itulah, kata dia, peran pemerintah seabgai penengah dengan mengatur operasional taksi online, sebab pemerintah merupakan pihak yang netral dan tidak memiliki kepentingan tertentu.

"Kan kita melihat juga yang non-online, nanti kalau sekarang menangin kamu yang bebas-bebas, nanti yang non-online marah makanya ada pemerintah itu ngatur, pemerintah tidak akan berpihak pada siapa-siapa. Pasti melihat kepentingan semua pihak, kepentingan pengguna, non-online dan online," ucapnya.

Demo tersebut membuat tiga ruas jalan dipenuhi mobil-mobil taksi online yang dipasangi stiker bahkan coretan berisi penolakan Permenhub Nomor 108 Tahun 2017. Sebab, dalam Permenhub tersebut, pengemudi taksi online diwajibkan memiliki SIM A Umum, bergabung dengan badan hukum, memiliki dokumen perjalanan berupa STNK, KIR, dan kartu pengawasan.

BACA JUGA: Dashboard untuk Memantau Taksi Online Belum Selesai Dibuat

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, peerintah meregulasi penggunaan taksi online yang mewajibkan seluruh taksi online harus menaati Permenhub 108 tersebut mengenai Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Meski Permenhub tersebut ditolak oleh para pengemudi taksi online karena berbagai alasan yang dianggap merugikan mereka, Budi mengatakan, pemerintah akan tetap menerapkan aturan tersebut demi kepentingan bersama.


Editor : Rahmat Fiansyah

KOMENTAR