4 Alasan Sebaiknya Menghindari Minuman Diet Soda

Siska Permata Sari · Sabtu, 13 Januari 2018 - 10:00 WIB

Diet soda bahaya bagi kesehatan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Minum segelas atau sekaleng diet soda sangat terasa menyegarkan di siang hari yang terik. Enak dan menyegarkan mungkin terbayang di benak Anda ketika membayangkan minuman diet soda tersebut.

Namun tahukah Anda jika di balik kelezatan dan kesegaran itu tersimpan bahaya tak kasat mata bagi kesehatan tubuh Anda? Lebih baik Anda membaca artikel ini hingga tandas, karena kami akan memaparkan alasan sederhana mengapa Anda harus menghindari minuman diet soda.

Memang, ada embel-embel 'diet' dalam minuman soda itu yang mengisyaratkan jika minuman tersebut mengandung sedikit kalori, namun nyatanya ada hal-hal di balik itu yang dapat merusak kesehatan Anda secara pelan-pelan. Simak paparannya seperti dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Sabtu (13/1/2018).

 

Mengandung Banyak Gula

Minuman diet soda mengandung gula atau pemanis buatan yang lebih kuat daripada gula asli. Menurut Brooke Alpert, RD, penulis The Sugar Detox, hal ini dapat menyebabkan minuman diet soda mengganggu penerimaan tubuh kita terhadap konsumsi makanan yang mengandung pemanis alami seperti buah-buahan.

"Ditambah lagi, pemanis buatan memicu insulin yang membuat tubuh Anda mengalami penambahan berat badan," kata Alpert. Kemudian, gula dan penambahan berat badan itu sangat berkaitan dengan diabetes serta obesitas.

 

Merusak Gigi

Minum soda bisa membuat senyum Anda buruk. Hal ini keterkaitan dengan kondisi kesehatan gigi yang diperburuk oleh soda. Menurut sebuah studi kasus yang diterbitkan di jurnal General Dentistry, mulut pengguna kokain metamfetamin, dan peminum diet soda memiliki tingkat erosi gigi yang sama. Hal ini, disebabkan oleh asam sitrat yang dapat melemahkan hingga menghancurkan email gigi dari waktu ke waktu.

 

Buruk Bagi Kondisi Hati serta Mental

Tahukah Anda jika minum minuman bersoda buruk bagi kesehatan tubuh serta mental Anda? Ya, menurut penelitian dari University of Miami dan Columbia University, satu minuman diet soda sehari bisa meningkatkan penyakit vaskular seperti stroke dan serangan jantung. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa 43 persen mereka yang minum diet soda berpotensi mengalami serangan di bagian vaskular daripada yang tak minum.

Sementara itu, sebuah studi dari American Academy of Neurology menemukan bahwa orang-orang yang minum soda lebih dari empat cangkir atau kaleng dalam sehari, 30 persen lebih mungkin mengalami depresi daripada tidak. Namun, jenis penelitian ini belum menemukan korelasi antara keduanya.

 

Buruk Bagi Tulang Anda

Wanita berusia 60 tahun ke atas sudah memiliki risiko penyakit osteoporosis lebih tinggi daripada pria. Menurut penelitian dari Universitas Tufts, wanita yang minum soda termasuk diet soda memiliki tingkat kepadatan mineral tulang 4 persen lebih rendah daripada mereka yang bukan peminum soda. Selain itu, berdasarkan studi American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa asupan soda dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang rendah bagi wanita.


Editor : Nanang Wijayanto

KOMENTAR