Bernyanyi Ampuh Mengatasi Depresi Ibu Usai Melahirkan

Nanang Wijayanto · Rabu, 10 Januari 2018 - 13:37 WIB

Sebuah riset menyebutkan, bernyanyi ampuh mengatasi depresi ibu pasca melahirkan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id- Sebuah penelitian baru menyebutkan, bernyanyi dapat membantu mengatasi depresi ibu pasca melahirkan. Di dalam penelitian itu juga disebutkan, ibu yang baru saja melahirkan dalam kondisi ringan hingga parah akan cepat pulih jika mereka bernyanyi dalam sebuah kelompok.

Meskipun penelitian tersebut tidak menyebutkan mengapa hal itu bisa terjadi, namun penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa bernyanyi dapat menyembuhkan ibu baru pasca melahirkan karena dengan bernyanyi mereka dapat mengekspresikan emosi dan membantu relaksasi.

“Depresi pasca melahirkan melemahkan ibu dan keluarga. Namun penelitian kami menunjukkan bahwa bagi beberapa wanita, saat bernyanyi bersama bayi mereka dapat membantu mempercepat pemulihan pada saat paling rentan terkena depresi,” ujar pemimpin penelitian, Rosie Perkins dari Centre for Performance Science di London, Inggris seperti dilansir iNews.id dari Daily Mail, di Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Untuk penelitian ini, periset dari London merekrut 134 ibu selama 40 Minggu pertama menjadi ibu. Kemudian para ibu baru tersebut dibagi kelompok dengan melakukan 10 pekan workshop bernyanyi, permainan kreatif dan standar pelayanan depresi pascamelahirkan.

Dalam workshop tersebut peserta mendengarkan, dan belajar, lagu baru, serta membuat lagu tentang menjadi seorang ibu. Hasil studi menemukan bahwa tidak ada perbedaan dalam pemulihan para wanita yang ambil bagian dalam permainan kreatif atau menerima pelayanan standar.

Sementara, Ketua Fakultas Perinatal Royal College of Psychiatrists, Dr Trudi Seneviratne, menyambut baik temuan tersebut. Temuan ini dipublikasikan di British Journal of Psychiatry.


Editor : Nanang Wijayanto

KOMENTAR