Film Nini Thowok Mengangkat Cerita Mistis dari Jawa Tengah

Siska Permata Sari · Kamis, 11 Januari 2018 - 18:31 WIB

Film horor Nini Thowok mengangkat cerita mistis dari masyarakat Klaten, Solo dan Yogyakarta. (Foto: Instagram/ninithowokmovie)

JAKARTA, iNews.id - Industri perfilman Indonesia kembali menyuguhkan film bergenre horor di awal tahun 2018 ini. Kali ini film tersebut berasal dari tangan dingin seorang sutradara Erwin Arnada, yang dulunya pernah menyutradarai film Rumah di Seribu Ombak pada 2012.

Nini Thowok, kemudian menjadi judul film yang kembali disutradarai oleh Arnada. Sebelumnya, ia memproduseri sejumlah film horor Indonesia, di antaranya Tusuk Jelangkung, Bangsal 13, dan Jelangkung 3.

Nini Thowok sendiri merupakan salah satu urband legend bagi masyarakat Jawa. Adalah boneka yang terbuat dari siwur atau batok kelapa, mirip jelangkung, hanya saja berpakaian layaknya perempuan.

Berfungsi sebagai media pemanggil arwah atau roh, Nini Thowok memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada jelangkung, hingga hampir sebesar ukuran manusia.

"Nini Thowok ini adalah salah satu legenda yang paling familiar. Mudah-mudahan sih bisa me-recall ingatan penontoN bahwa kita punya lho legenda seperti itu," kata Erwin Arnada dalaM peluncuran trailer, poster, dan original soundtrack Nini Thowok di The Hook Resto & Bar, Senopati, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Film horor kali ini dibintangi oleh sederet aktris dan aktor muda hingga senior. Seperti Natasha Wilona, Gesata Stella, Inggrid Widjanarko, Jajang C. Noer, Slamet Ambari dan pemeran anak-anal Nicole Rossi serta Rasyid Al Buqhori.

Salah satu pemeran Inggrid Widjanarko mengatakan, film ini berusaha mengangkat cerita mistis terutama di sekitar wilayah Jawa Tengah khususnya di Solo, Yogyakarta dan Klaten.

"Pengambilan gambar juga dilakukan di Solo, Yogyakarta dan Klaten sehingga menyisipkan pesan pariwisata dan budaya," kata Inggrid.

Meski demikian, Erwin mengaku film ini tak banyak menceritakan sejarah di balik Nini Thowok.

"Ada tapi tipis sekali. Karena konteks film lebih ke aplikasi untuk menghibur penonton," jelas dia.

Selayaknya film horor, proses syuting Nini Thowok ini diwarnai dengan kejadian-kejadian mistis para pemain, kru, hingga pengisi soundtrack Mytha Lestari yang menyanyikan lagu Takkan Pernah Mati garapan Raguel Lewi.

Film yang diproduseri oleh tiga produser yakni Ronny Irawan, Hendro Djasmoro, dan Andreas Setia Putra serta diproduksi TBS Films ini akan tayang di bioskop pada 1 Maret 2018.


Editor : Nanang Wijayanto

KOMENTAR