Ingin Hidup Sehat, Aher Ajak Masyarakat Jaga Kualitas Air

Riyandy Aristyo · Kamis, 11 Januari 2018 - 16:16 WIB

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengajak masyarakat menjaga kualitas air bersih. (Foto: Instagram)

DEPOK, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) mengajak masyarakat sejak dini menyadari pentingnya menjaga kualitas dan kuatitas air bersih. Pasalnya air merupakan sumber kehidupan manusia.

Apabila tidak dijaga, kondisi air akan menjadi kotor atau tercemar sehingga rentan terhadap penyakit.

"Kita bersama-sama harus saling menjaga kualitas air yang kita konsumsi. Kita ingin masyarakat kita menjadi masyarakat yang sehat," kata dia saat menghadiri acara peresmian Rumah Sakit Ibu dan Anak, Brawijaya Hospital di kawasan Bojongsari, Depok, Kamis (11/1/2018).

Menurut dia, kualitas air tanah yang terdapat di Jawa Barat saja sudah banyak yang tidak layak minum. Hal tersebut diakibatkan oleh pencemaran sungai-sungai yang semakin parah.

"Kondisi air di Jawa Barat semakin memprihatinkan. PDAM artinya bukan lagi Perusahaan Daerah Air Minum tapi Perusahaan Daerah Air Mandi, karena memang air di wilayah kita sudah tidak layak minum lagi," jelasnya.

Buruknya kualitas air ini mengemuka setelah pemerintah melalui Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jawa Barat melakukan survei dan penelitian.

“Kondisi ini disebabkan banyaknya limbah yang masuk sungai dari industri, peternakan dan pertanian,” imbuh Aher.

Ia memiliki impian suatu saat sungai Ciliwung maupun Citarum bisa seperti sungai yang ada di luar negeri yang bersih dan jernih.

"Waktu saya berkunjung ke Jepang, saya melihat sungai disana jernih-jernih, bisa ternak ikan, sampai ada yang di desain untuk air minum. Mudah-mudahan Ciliwung sama Citarum bisa seperti itu, susah memang tapi bukan berarti tidak bisa,” tutur Aher.


Editor : Nanang Wijayanto

KOMENTAR