Ingin seperti Bill Gates? Intip Deretan Buku Favoritnya Sepanjang 2017

Siska Permata Sari · Kamis, 07 December 2017 - 11:32 WIB

Bill Gates memamerkan lima buku favoritnya. (Foto: Forbes)

JAKARTA, iNews.id - Meski telah menjadi salah satu orang terkaya di dunia yang memegang kendali perusahaan teknologi raksasa Microsoft, membaca buku merupakan bagian dalam kehidupan Bill Gates. Pemegang kuasa paling besar di Microsoft tersebut, memang telah dijuluki sebagai pengusaha kutu buku.

"Membaca adalah cara favorit saya untuk memanjakan rasa ingin tahu. Meskipun saya beruntung bisa bertemu dengan banyak orang yang menarik, serta bisa mengunjungi tempat-tempat menarik melalui pekerjaan, saya masih berpikir bahwa buku adalah cara terbaik untuk mengeksplorasi topik baru yang menarik," tulis Gates, seperti dikutip iNews.id dari Forbes, Kamis (7/12/2017).

Kecintaannya pada buku, juga ditularkan ke masyarakat melalui blog pribadinya. Bahkan baru-baru ini, Gates membuat daftar buku favoritnya sepanjang 2017.

Kira-kira, buku seperti apa yang paling disukai Boss Microsoft tersebut? Yuk, intip deretannya!

The Best We Could Do, Thi Bui

Buku bacaan Gates, ternyata bukan yang terkait inspirasi motivasi atau buku yang berbau teknologi. Melainkan sebuah novel grafis karya Thi Bui, yang menceritakan tentang seorang puteri dari pengungsi Vietnam yang melarikan diri ke Amerika Serikat pada 1978. Ia diminta oleh ibunya sendiri untuk lebih mengenal masa kecil orangtuanya yang tumbuh di sebuah negara yang tercabik oleh penjajah asing. Bagi Gates, tema yang diungkapkan sang penulis tersebut, secara garis besar bersifat universal.

Evicted: Poverty and Profit in the American City, Matthew Desmond

Buku di deretan kedua ini juga bukan seputar properti, bisnis, dan teknologi. Karya dari Dasmond ini, adalah buku yang menceritakan tentang kemiskinan ekstrem di Amerika. Dasmond menguliknya melalui cerita orang-orang yang tidak dapat membayar uang sewa dan sering diusir dari rumah mereka. Gates menyebut buku ini sebagai "gambaran cemerlang tentang orang Amerika yang hidup dalam kemiskinan."

Believe Me: A Memoir of Love, Death, and Jazz Chickens, Eddie Izzard

Selain novel dan karya non-fiksi, rupanya salah satu biografi seorang pelawak dan aktor Inggris, Eddie Izzard, bertajuk “Believe Me: A Memoir of Love, Death, and Jazz Chickens” menjadi favorit Gates sepanjang tahun. Hal itu dikarenakan Gates merasa ada kesamaan antara dirinya dan si penulis. Di mana keduanya suka menulis dirinya sendiri. Selain itu, keduanya juga sama-sama kutu buku, canggung, dan tidak kompeten dalam menggoda gadis. Selain itu, buku ini juga membuat Boss Microsoft tertawa terbahak-bahak.

The Sympathizer, Viet Thanh Nguyen

Viet Thanh Nguyen adalah salah satu penulis pemenang Pulitzer. The Sympathizer merupakan sebuah karya fiksi yang mengisahkan tentang seorang agen komunis Vietnam Utara yang disatukan dengan Angkatan Darat Vietnam Selatan dan sekutu Amerika. Bagi Gates, buku ini meninggalkan kesan yang mendalam dan karya Nguyen membuka perspektif baru yang penting tentang perang Vietnam.

Energy and Civilization: A History, Vaclav Smil

Terakhir adalah buku dari profesor asal Ceko, Vaclav Smil. Gates mengaku telah menunggu karya Smil seperti menunggu film “Star Wars” selanjutnya. Seperti judulnya, buku ini memaparkan tentang energi dan sejarah. Bagaimana kebutuhan manusia terhadap energi telah membentuk sejarah dan masa depan dunia. Pada akhirnya, kata Gates, Anda akan merasa lebih cerdas dan tahu lebih baik tentang bagaimana inovasi energi mengubah jalannya peradaban.

Nah, itu dia lima buku favorit Bill Gates tahun ini. Bagaimana dengan Anda?


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR