Mengintip Tren Fashion 2018, Indonesia hingga Paris

Siska Permata Sari · Kamis, 30 November 2017 - 14:48 WIB

Koleksi desainer Lisa Fitria untuk tren 2018. (Foto: iNews.id/IFC)

JAKARTA, iNews.id - Jika busana-busana cerah dan berwarna akan mengisi pasar mode Indonesia di tahun depan, berbeda dengan kondisi di Eropa. Bila menilik Fashion Week yang digelar di Milan, New York dan Paris, tren fashion yang muncul untuk 2018 adalah busana-busana saturated color.

Hal itu dikatakan oleh desainer dari Indonesia Fashion Chamber (IFC), Lisa Fitria kepada iNews.id di Jakarta.

"Prediksi tren 2018 kalau saya perhatikan dari seluruh rangkaian Fashion Week di New York, Milan dan Paris, sudah mulai mengerucut dari  yang gaya transparan hingga saturated color dan anoraks," kata Lisa Fitria kepada iNews.id, Kamis (30/11/2017).

Menurutnya, tahun ini warna-warna monokrom atau hitam dan putih cenderung banyak digunakan. Namun di tahun depan, kemungkinan permintaan busana berwarna pastel akan menjadi tren tahun 2018.

"Warna pastel romantic, juga akan menjadi pilihan, meskipun monochrome di tahun depan masih tetap banyak diminati," tambahnya.



Sementara itu, busana era 1980-an atau bergaya retro, kemungkinan akan mengisi tren mode, melihat banyaknya busana dengan pattern-pattern yang lekat dengan gaya tersebut.

"Mixed print motif bunga-bunga dengan campuran polka dan abstrak akan marak," imbuhnya.

Kemudian, untuk gaya kasual, jeans atau denim, akan kembali dipilih di tahun 2018. Bedanya, pada tren tahun depan, jeans atau denim tersebut dipadukan dengan atasan yang sophisticated mewah untuk fancy gala dinner.

Sedangkan tren busana di tahun depan, ungkap Lisa, akan ada yang namanya berkiblat dengan style Jepang.

"Gaya busana ala Jepang juga akan jadi tren anak-anak muda dengan kerah mandarin dan gaya kimono yang sudah dimodifikasi menjadi potongan modern," paparnya.



Selain itu, Lisa juga menambahkan, bahwa tren ke depan akan lebih banyak permainan detail.

"Misalnya, detail pada kantong dan ritsleting (multipocket dan multizipper) juga akan jadi tren gaya busana siap pakai untuk cewek khususnya. Kalau bahan, itu kemungkinan kain-kain tipis yang menampakkan siluet tubuh akan booming, seperti satin silk tipis, tulle, dan organza silk," tutup desainer ramah ini.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR