8 Kecelakaan Maut di Tanjakan Emen, Paling Sering Bus Wisata

Azhar Azis · Minggu, 11 Februari 2018 - 16:52 WIB

Bus pariwisata yang terguling di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (10/2/2018). (Foto: Koran SINDO/ Dok)

JAKARTA, iNews.id – Bus pariwisata yang membawa rombongan anggota Koperasi Simpan Pinjam Permata, Ciputat, Tangerang Selatan, terguling di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (10/2/2018). Tragedi yang mengakibatkan 27 orang tewas dan belasan luka  ini menambah panjang daftar kecelakaan maut di Tanjakan Emen.

Berdasarkan penelusuran iNews.id, terjadi delapan kecelakaan maut di Tanjakan Emen sejak tahun 2004. Berikut daftarnya:

 

18 November 2004, Tiga Tewas

Bus pariwisata terbalik setelah berupaya menghindari tabrakan dengan sepeda motor. Tiga orang tewas dalam kecelakaan ini, terdiri atas 2 pengendara sepeda motor dan 1 penumpang bus.

26  September  2009, Sembilan Tewas

Bus  membawa  47  orang warga Buaran, Serpong, Tangerang Selatan berwisata ke Tangkuban Parahu. Saat kembali dari Tangkuban  Parahu, di  turunan  mendekati  jembatan    Emen,  bus oleng dan tidak terkendali,  kemudian menabrak sedan. Bus terus   meluncur   dengan posisi  terbalik  miring  ke  kiri, yang kemudian berhenti  setelah  menabrak  lereng  bukit. Peristiwa yang  terjadi  pukul 16.45 WIB ini mengakibatkan sembilan orang tewas.

7 Oktober 2011, Empat Tewas

Empat orang tewas, tiga di antaranya turis asing,  setelah bus pariwisata oleng dan terguling di Tanjakan Emen. Kecelakaan diduga karena rem blong, sehingga sopir tidak bisa mengendalikan laju bus di jalan menurun dan berliku. Bus  baru berhenti setelah menabrak tebing.

1 Oktober 2012, Empat Tewas

Empat turis dari Taiwan tewas setelah bus yang mereka tumpangi terguling di Tanjakan Emen, pukul 12.00 WIB. Kecelakaan ini diduga akibat rem bus blong.

17 Juni 2014, Sembilan Tewas

Bus pariwisata yang mengangkut rombongan siswa SMA Al-Huda, Cengkareng, Jakarta, terguling setelah menabrak mobil. Kecelakaan ini mengakibatkan sembilan orang tewas.

 2 Agustus 2014, Satu Tewas

Bus pariwisata menabrak sepeda motor di Tanjakan Emen. Kejadian ini mengakibatkan pengendara sepeda motor tewas.

 2 April 2017, Satu Tewas

Empat kendaraan, terdiri atas 2 mobil dan 1 sepeda motor, terlibat   tabrakan beruntun di  Tanjakan Emen. Kecelakaan ini mengakibatkan pengendara sepeda motor tewas.

10 Februari 2018, 27 Tewas

Bus pariwisata yang membawa rombongan anggota Koperasi Simpan Pinjam Permata, Ciputat, Tangerang Selatan, mengalami kecelakaan tunggal lantaran diduga rem tidak berfungsi. Sebanyak 27 orang tewas dalam kecelakaan ini.


Editor : Azhar Azis

KOMENTAR