Weekly Forum 2018

Bawaslu Ingatkan Calon Kepala Daerah untuk Bersaing secara Sehat

Annisa Ramadhani · Kamis, 15 Februari 2018 - 17:10 WIB

Diskusi Weekly Forum 2018 di Gedung SINDO, Jakarta, Kamis (15/2/2018). (Foto: iNews.id/Annisa Ramadhani Siregar)

JAKARTA, iNews.id – Kepala daerah berkualitas bisa dihasilkan melalui proses pemilihan yang demokratis, mengedepankan cara-cara beradab, serta adil dan transparan. Pilkada 2018 bisa menjadi pesta demokrasi yang damai dan berintegritas bila semua calon berkomitmen terhadap prinsip itu.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menekankan agar pasangan calon (paslon) kepala daerah di Pilkada 2018 menjunjung tinggi dan melaksanakan keinginan bersama tersebut.

”Bawaslu berharap seluruh pasangan calon bersaing secara sehat, berkompetisi dengan baik sesuai cita-cita demokrasi,” kata Tenaga Ahli Divisi Hukum Bawaslu Sulastyo dalam diskusi Weekly Forum 2018 bertema "Mencari Pemimpin Berkualitas" yang digelar SINDO Weekly di Gedung SINDO, Jakarta, Kamis (15/2/2018).

BACA JUGA: Kepala Daerah Harus Wujudkan Program Bermanfaat untuk Rakyat

Sebanyak 171 daerah menggelar pilkada pada 2018 ini, terdiri atas 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten. Bawaslu mencatat sejumlah daerah hanya diikuti calon tunggal. Terhadap hal ini Bawaslu memastikan pengawasan akan tetap sama dan berlaku adil.

"Pengawasan sama, baik itu ketentuan tentang kampanye, dana, netralitas. Karena itu, baik calon tunggal dan tidak, Bawaslu akan melakukan pengawasan yang sama," ujar Sulastyo.

Terhadap pelaporan-pelaporan dugaan kecurangan yang sudah muncul, Bawaslu memastikan untuk menindaklanjutinya demi mewujudkan rasa keadilan kepada setiap pasangan calon.

"Bahkan peserta yang merasa tidak diperlakukan adil, kami persilakan melapor. Kami berharap fairness (keadilan) terjadi dan pada akhirnya kepercayaan publik terhadap kami meningkat," paparnya.

Sulastyo menjelaskan bahwa pihaknya sudah bekerja keras, agar kinerja Bawaslu sebagai lembaga pengawasan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) dan pemilihan umum (Pemilu) nanti dapat berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya.


Editor : Zen Teguh

KOMENTAR