Besok, Dishubtrans Berlakukan Jalur Khusus Motor di Jalan MH Thamrin

Wildan Catra Mulia · Minggu, 14 Januari 2018 - 20:02 WIB

Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta menyiapkan jalur khusus sepeda motor di Jalan MH Thamrin. Besok, Senin (15/1/2018), aturan baru tersebut mulai diberlakukan. (Foto: iNews.id/ Dok)

JAKARTA, iNews.id – Kendaraan roda dua diperbolehkan kembali melintas di kawasan MH Thamrin setelah Mahkamah Agung (MA) mencabut aturan pembatasan motor.

Jalur khusus sepeda motor disiapkan selebar satu meter di setiap lajur di Jalan MH Thamrin. Uji coba regulasi baru tersebut akan diberlakukan besok, Senin (15/1/2018).

“Untuk lebih menertibkan kawasan tersebut, kami akan membuat jalur khusus. Lajur sepeda motor, satu meter, satu lajur,” kata Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta Andri Yansyah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018).

Andri menyebutkan, lajur jalan di bagian kiri diperuntukan untuk sepeda motor dengan garis lurus menyambung bercat warna kuning. Di jalur khusus sepeda motor tersebut tidak dipasang separator atau troatoar pembatas. Hal itu dilakukan agar akses sepeda motor ke gedung-gedung tidak terganggu.

“Kalau separator kurang fleksibel. Kalau mau ke dalam gedung atau keluar gedung otomatis ada pelambatan,” katanya.

Namun, jika masih terjadi kemacetan dan kesemrawutan, Dishub akan mengkaji kebijakan ganjil genap. Kajian itu dilakukan seusai evaluasi uji coba jalur khusus motor diterapkan.

“Kita evaluasi efektivitasnya sejauh mana. Formulasi dari Dirlantas itu kan ganjil-genap. Tapi ini dulu yang kita evaluasi,” terangnya.

Dishub DKI Jakarta akan menambah personel jaga di kawasan tersebut hingga 98 orang. “Jangan sampai trotoar yang sudah bagus dilanggar oleh pengendara roda dua. Termasuk tempat mangkal ojek online. Makanya kita tambah (personel). Saat ini sudah ada 44 anggota,” katanya.


Editor : Azhar Azis

KOMENTAR