Demi Anak, Pria Ini Bangun Jalan Sepanjang 8 Km Seorang Diri

Nathania Riris Michico · Sabtu, 13 Januari 2018 - 07:05 WIB

Jalandhar Nayak (45) membangun jalan sejauh 8 kilometer agar bisa dilewati anaknya (Foto: BBC)

ORISSA, iNews.id - Seorang pria di Negara Bagian Orissa, India timur, membangun jalan sepanjang 8 kilometer hanya menggunakan kapak dan linggis. Hal ini dia lakukan supaya anak-anaknya yang merantau bisa pulang kampung lebih sering.

Pria bernama Jalandhar Nayak (45) ini tinggal di sebuah desa terpencil, tepatnya sekitar 15 km dari tempat dimana ketiga anaknya bersekolah. Namun, anak-anak Nayak sulit pulang karena harus melewati lima bukit dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Akhirnya Nayak memutuskan membuat jalan pintas sekitar 8 kilometer dengan memilih rute yang mudah dilintasi.

"Semua yang saya inginkan hanya sebuah jalan," kata Nayak.

Dilaporkan pejabat setempat, selama 2 tahun terakhir, Nayak berangkat setiap pagi dengan peralatannya dan bekerja hingga 8 jam untuk menghancurkan batu-batu besar.

Kepada media, Nayak menyampaikan harapannya agar anak-anaknya bisa pulang lebih sering pada akhir pekan atau saat liburan begitu jalan yang dia bangun selesai.

Melihat hal ini, pejabat setempat berjanji akan membayar Nayak untuk pekerjaan yang dia lakukan. Pemerintah juga akan mengambil alih pembangunan jalan yang dirintis Nayak.

Nayak mengaku sangat bahagia begitu mengetahui jalan di kampungnya akan diselesaikan oleh pemerintah. Dia juga meminta pemerintah menyediakan listrik dan air minum ke desa tempat dia tinggal.

Dia sama sekali tidak meminta atau menerima bantuan dari pejabat setempat, yang justru baru mengetahui tentang apa yang dia lakukan, saat dia ditayangkan di media lokal.

"Saya terkesan saat mengetahui dia (Nayak) sangat berhati-hati untuk memastikan bahwa tidak ada satu pohon pun yang dipotong saat membangun jalan," kata Sibashakti Biswal, wartawan yang pertama kali mewawancarai Nayak.

Jalan yang dibangun Nayak diakui warga cukup bagus, bahkan bisa untuk dilalui mobil.

Media nasional di India lansgung membandingkan Nayak dengan Dasharath Manjhi, seorang "manusia pegunungan" dari Bihar yang membelah bukit untuk membangun jalan penghubung desanya dengan kota terdekat.


Editor : Anton Suhartono

KOMENTAR