Diperiksa 13 Jam, Dokter Bimanesh Ditahan KPK

Richard Andika Sasamu · Jumat, 12 Januari 2018 - 23:13 WIB

Dokter Bimanesh Sutarjo ditahan KPK. (Foto: iNews.id/Richard)

JAKARTA, iNews.id - Dokter RS Medika Permata Hijau Bimanesh Sutarjo (BST) ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah diperiksa selama 13 jam. Bimanesh ditahan karena diduga telah memanipulasi data medis untuk memasukkan Setya Novanto ke dalam kamar rawat inap di RS tempat dia bekerja.

"Ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Guntur untuk 20 hari pertama," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfimasi, Jumat (12/1/2018).

Bimanesh yang diperiksa sekitar pukul 09.20 WIB keluar Gedung KPK dengan mengenakan rompi oranye. Dia hanya diam ketika dicecar pertanyaan. Dia langsung masuk ke dalam mobil tahanan yang sudah menunggu di lobi Gedung KPK.

KPK menduga Fredrich dan Bimanesh bekerja sama agar Novanto dapat menghindari panggilan dan pemeriksaan oleh penyidik. Bimanesh diduga melanggar Pasal 21 UU Tipikor dengan ancaman pidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 12 tahun atau denda paling sedikit Rp150.000.000 dan paling banyak Rp600.000.000.

Saat itu, Setya Novanto merupakan tersangka kasus korupsi e-KTP yang namanya sudah diajukan KPK ke Kepolisian dalam daftar pencarian orang. Bimanesh merupakan dokter yang pernah merawat Novanto setelah mengalami kecelakaan mobil yang menabrak tiang listrik di kawasan Permata Hijau.


Editor : Achmad Syukron Fadillah

KOMENTAR