Gubernur Jambi Zumi Zola Memenuhi Panggilan KPK

Wahyu Seto Aji · Kamis, 15 Februari 2018 - 10:30 WIB

Gubernur Jambi Zumi Zola memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto:DOK/iNews.id)

JAKARTA,iNews.id – Gubernur Jambi Zumi Zola memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan mantan Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur itu merupakan pemeriksaan perdana setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2014-2017.

Zumi Zola datang di KPK sekitar pukul 09.55 WIB. Kedatangannya di KPK didampingi oleh kuasa hukumnya Muhammad Farisi. Zumi memilih masuk ke dalam lobi KPK tanpa memberikan keterangan kepada media, bahkan Zumi menerobos kerumunan wartawan yang telah menunggunya di depan gedung instansi antirasuah tersebut.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Zumi Zola sebagai tersangka atas dugaan gratifikasi. Zumi Zola dan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi Arfan ditetapkan sebagai tersangka suap senilai Rp6 miliar. Sejak pengumuman tersangka oleh KPK pada 2 Februari 2018 lalu, mantan model dan bintang sinetron ini belum pernah diperiksa penyidik.

Penetapan tersangka Zumi merupakan hasil pengembangan operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada 29 November 2017. Saat itu petugas KPK menangkap Plt Sekdaprov Jambi Erwan Malik, Arfan, Asisten Daerah Bidang III Provinsi Jambi Saifudin dan anggota DPRD Provinsi Jambi 2014-2019 Supriono.

KPK mengamankan uang Rp4,7 miliar dari total seharusnya Rp 6 miliar yang diduga diberikan kepada anggota DPRD Provinsi Jambi agar mereka bersedia hadir untuk pengesahan RAPBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2018. Sebelumnya ada anggota DPRD berencana absen karena tidak ada jaminan Pemprov Jambi.

Pemeriksaan perdana Zumi Zola sudah sempat disampaikan Juru Bicara KPK Febri Diansyah pada Rabu (14/2/2018). Melalui pesan singkat yang diterima iNews.id, Febri menyampaikan penyidik KPK telah mengirimkan surat pemanggilan kepada Zumi Zola hari ini.

“Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari penyidik, surat panggilan terhadap ZZ (Zumi Zola) telah dikirimkan di awal pekan ini untuk rencana pemeriksaan Kamis 15 Februari 2018,” ujar Febri Diansyah, Rabu (14/2/2018).


Editor : Khoiril Tri Hatnanto

KOMENTAR