KPK Tangkap Bupati Subang Imas Aryumningsih

Richard Andika Sasamu · Rabu, 14 Februari 2018 - 09:32 WIB

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Agus Rahardjo. (Foto: Koran Sindo).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Subang, Imas Aryumningsih dan ajudannya. Namun, dikonfirmasi mengenai penangkapan tersebut, pihak KPK belum bisa menjelaskan secara detail.

Ketua KPK Agus Rhardjo hanya mengakui adanya penangkapan Imas. Agus berjanji segera memberikan keterangan lengkap seputar penangkapan tersebut.

"Iya ada giat di Subang, tunggu konpers nanti," ujar Agus saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Pernyataan yang sama juga disampaikan Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif. Menurutnya, proses penangkapan dilakukan sejak malam hingga dini hari tadi.

"Lengkapnya tunggu pengumuman resmi dari KPK," ucap Laode.

Imas Aryumningsih saat ini kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Subang dengan pasangan calonnya Sutarno. Beberapa jam sebelum penangkapan, Imas dan Sutarno telah menerima penetapan pasangan calon dengan nomor urut 2 dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Subang, Jawa Barat.

BACA JUGA: Tjahjo Berharap Tak Ada Lagi Kepala Daerah Ditangkap KPK

Sebelumnya KPK juga menangkap dua calon kepala daerah terkait dugaan kasus korupsi. Dua calon kepala daerah tersebut, petahana Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dan Calon Gubernur (Cagub) NTT Marianus Sae.

Nyono yang juga Bupati Jombang ditangkap pada Sabtu, 3 Februari 2018 dan Marianus yang merupakan Bupati Ngada terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Marianus Sae ditangkap di sebuah Hotel di Surabaya sekitar pukul 10.00 WIB pada Senin, 12 Februari 2018. 

Marianus ditangkap dan sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek jalan di Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sementara, Nyono ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap dana puskesmas.

Dari tangan Nyono, KPK menyita barang bukti berupa uang tunai yang diduga sisa uang pemberian dari Inna sebesar Rp25.550.000 dan USD9.500.


Editor : Kurnia Illahi

KOMENTAR