Menginspirasi, Bocah 'Berambut Es' di China Terima Bantuan Rp200 Juta

Nathania Riris Michico · Jumat, 12 Januari 2018 - 12:36 WIB

Foto Wang Fuman (8), si bocah berambut es (Foto: The Strait Times)

BEIJING, iNews.id - Seorang bocah bernama Wang Fuman (8), nekat berjalan kaki sejauh empat kilometer dalam kondisi hujan es untuk bersekolah menjadi sorotan di negaranya, China. Melihat perjuangan Wang di tengah kesulitan ekonomi keluarganya, pemerintah setempat pun langsung tergerak membantu Wang.

Dilansir The Strait Times, Jumat (12/1/2018), sebuah dana bantuan sebesar 100.000 yuan atau sekitar Rp206 juta, dikirim ke Sekolah Dasar Zhuanshanbao di Zhaotong, Provinsi Yunnan, Rabu 10 Januari. Sumbangan ini tiba setelah foto Wang viral di media sosial.

Foto Wang ini awalnya diambil oleh Kepala Sekolah Fu Heng, Selasa lalu. Dalam foto itu, tampak rambut dan alis Fuman menjadi putih karena dilapisi es tebal dan wajahnya kemerahan akibat dingin.

Wang mengaku berjalan kaki ke sekolah sejauh 4,5 kilometer, hampir satu setengah jam saat hujan es turun. Saat itu, diketahui suhu udara mencapai  -9 derajat Celsius.

Wang nekat melakukan perjalanan penuh risiko ini demi mengikuti hari pertama ujian akhir.

Baca Juga: Foto Bocah 'Berambut Es' di China Jadi Viral, Ini Kisahnya

Bocah itu tinggal di rumah sederhana di Ludian, bersama nenek dan kakaknya. Kehidupan keluarganya ditopang oleh sang ayah yang bekerja di kota lain. Sementara itu, ibu Wang sudah lama meninggalkan keluarga.

Foto-foto lain yang dibagikan di media sosial, menunjukkan tangan Wang yang kasar. Meski masih berusia 8 tahun, tangan Wang telah menjadi kering dan keriput.

Selain harus sekolah, Wang mengaku membantu neneknya bekerja di sawah, sehingga membuat tangannya kasar. Dia juga bercerita merindukan ayahnya yang sudah tidak bertemu selama beberapa bulan.

Banyak warganet yang bersimpati pada nasib Wang dan menyemangatinya untuk terus belajar. Pemerintah setempat bersama dengan relawan, sejak saat itu telah mengulurkan tangan ke sekolah tersebut dan memberi dana subsidi musim dingin pertama kepada 81 siswa, seperti dilaporkan China Daily melaporkan.

Tak hanya itu, ayah Fuman juga ditawari pekerjaan di kotanya dari China Construction Third Engineering Bureau. Saat ini, bantuan tunai yang telah terkumpul untuk membantu Wang dan sekolahnya mencapai hampir Rp25 miliar.


Editor : Anton Suhartono

KOMENTAR