Parade Militer AS yang Diusulkan Trump Telan Biaya hingga Rp400 Miliar

Nathania Riris Michico · Kamis, 15 Februari 2018 - 14:35 WIB

Tentara AS di parade militer Hari Bastille (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Direktur anggaran Amerika Serikat (AS) Mick Mulvaney memperkirakan, parade militer yang diusulkan oleh Presiden Donald Trump dapat menelan biaya $10 juta hingga $30 juta atau Rp134 miliar hingga Rp400 miliar.

Dalam sidang Kongres, Mulvaney mengatakan, parade militer tidak termasuk dalam proposal anggaran pemerintah karena terlambat diajukan. Tapi jika pemerintah memutuskan untuk tetap menggelarnya, Kantor Manajemen dan Anggaran akan mengkaji pengeluaran biayanya.

Perkiraan biaya ini dibuat karena parade militer dengan panjang dan peralatan berbeda akan memiliki biaya yang berbeda pula. Sebuah parade dengan rentang waktu 1 jam, dijelaskan Mulvaney, akan menelan biaya lebih sedikit dibanding 5 jam.

"Saya melihat berbagai rincian biaya berbeda, kami akan terus bekerja dengan Anda jika pemerintah memutuskan untuk terus maju dengan inisiatif tersebut," kata Mulvaney, seperti dilansir CNN, Kamis (15/2/2018).

Awal bulan ini, Trump meminta parade militer diadakan di AS. Merespons permintaan itu, Juru Bicara Pentagon, Charlie Summers, mengatakan pihaknya masih meninjau tanggal yang tepat untuk melaksanakannya.

Summers menggambarkan usulan itu seperti seusia "bayi" karena belum ada perencanaan.

Parade militer tidak pernah terjadi di AS. Parade yang diperkirakan melibatkan sekitar 200.000 peserta ini akan menampilkan berbagai unit militer, penampilan marching band Angkatan Udara dan Angkatan Laut, serta pertunjukkan jet dan helikopter yang terbang di atas kerumunan warga.


Editor : Anton Suhartono

KOMENTAR