Pilot Tak Sadar Roda Pesawatnya Terlepas saat Lepas Landas

Nathania Riris Michico · Kamis, 15 Februari 2018 - 15:40 WIB

Pesawat Boeing 737-600 Air Algerie (Foto: AFP)

PARIS, iNews.id – Pesawat maskapai Aljazair, Air Algerie, mendarat dengan kehilangan salah satu rodanya di bandara Kota Oran, pada Kamis Februari 2018. Beruntung, pesawat Boeing 737-600 itu masih bisa mendarat dengan selamat.

Roda pesawat terlepas beberapa saat setelah lepas landas dari Bandara Toulouse, Prancis. Tapi pilot tak mengetahui ada rodanya yang lepas sampai pesawat mendarat di Oran.

“Pesawat Boeing 737-600 Air Algerie, nomor registrasi 7T-VJR, dan nomor penerbangan AH-1077 dari Toulouse (Prancis) menuju Oran (Aljazair), terbang dari landasan pacu 32R Toulouse,” demikian bunyi laporan Aviation Herald.

“Saat sampai dekat Barcelona, air traffic control (ATC) Spanyol menginformasikan kepada kru bahwa mereka mendapat kabar dari ATC Prancis mengenai temuan beberapa bagian pesawat yang jatuh di Toulouse,” demikian dilanjutkan Aviation Herald.

Roda depan Air Algerie yang lepas (Foto: Aviation Herald)

Namun kru tidak mendapat informasi bahwa bagian pesawat yang jatuh itu adalah roda. Pilot pun memutuskan untuk melanjutkan perjalanan sampai Oran.

“Kru memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Oran untuk mendarat di sana. Masih tak menyadari bahwa dia kehilangan salah satu roda depan pesawat.”

Begitu touch down, pilot masih tak menyadari bahwa bagian pesawat yang jatuh itu adalah roda. Namun proses pendaratan berjalan lancar.

Setelah pesawat sampai apron, staf lapangan baru memberi tahu bahwa salah satu roda depan pesawat hilang.


Editor : Anton Suhartono

KOMENTAR