Serap Ilmu Grand Bazaar, Sandi ke Turki untuk Penataan Tanah Abang

Wildan Catra Mulia · Kamis, 15 Februari 2018 - 17:40 WIB

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bersama Duta Besar Turki Sander Gurbuz di Balai Kota Jakarta. (Foto: iNews/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA,iNews.id – Wacana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadikan pasar Tanah Abang layaknya Grand Bazaar Istanbul, Turki terus dimatangkan. Dalam waktu dekat, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan terbang ke Turki untuk mempelajari konsep Grand Bazaar secara langsung.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, dalam upaya mencari solusi tepat untuk menata kawasan pasar Tanah Abang, Pemprov DKI berencana memenuhi undangan Duta Besar Turki Sander Garbuz untuk berkunjung ke Istanbul. Pihaknya akan belajar bagaimana menata Tanah Abang yang baik tanpa melunturkan aspek tradisional seperti Grand Bazaar.  

“Saya rencananya akan mengajak Dirut Pembangunan Sarana Jaya yang ditugaskan pergub (peraturan gubernur) untuk menata Tanah Abang yang ikut delegasi. Saya harus memilih nih yang berangkat, saya atau Pak Anies sama-sama kepengen,” kata Sandi di Balai Kota Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Menurut dia, Istambul memiliki Grand Bazaar yang cukup terkenal dan berhasil mendatangkan wisatawan mancanegara. Pemprov DKI menginginkan grand desain penataan pasar Tanah Abang jangka panjang seperti Grand Bazaar. Jadi tidak hanya sebagai pusat perekonomian, tetapi juga pariwisata.

“Grand Bazzar di Istanbul Turki sudah ratusan tahun dan Tanah Abang juga punya sejarah yang panjang. Kita ingin melihat bagaimana ribuan UMKM ditata di Grand Bazaar tanpa mengurangi aspek tradisionalnya,” ujar dia.

Dalam penataan Tanah Abang, Sandi ingin Pemprov DKI memanfaatkan gedung pasar Blok G sebagai kawasan transit oriented development (TOD). Nantinya gedung pasar dirobokan, selanjutnya dibangun tempat pemberhentian atau pusat pertemuan seluruh moda transportasi public. Skema bertujuan untuk mempermudah pengunjung Tanah Abang terhubung dengan transportasi publik, serta antara angkutan umum lain saling terintegrasi. “Kita harapkan juga TOD yang akan dibangun di Tanah Abang sebagai tahapan jangka panjang,” kata Sandi.

Rencana Sandi berangkat ke Turki tersebut disampaikan setelah menggelar pertemuan dengan Duta Besar Turki Sander Gurbuz di Balai Kota Jakarta, Kamis (15/2/2018). Dalam pertemuan yang berlangsung secara tertutup itu, Pemprov DKI dengan Pemerintah Turki juga membahas kerja sama sister city Jakarta-Istanbul dalam bidang pariwisata, investasi transportasi, serta pembangunan infrastruktur.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto

KOMENTAR