Tanggul Ambrol, Keretakan Jalan Kesatriaan Matraman Semakin Parah

Rio Manik, Wildan Catra Mulia · Kamis, 15 Februari 2018 - 09:40 WIB

Tanggul jebol, keretakan Jalan Kesatrian Matraman semakin parah. (Foto: iNews)

JAKARTA,iNews.id – Beton penahan air atau tanggul di sungai Ciliwung pinggir Jalan Kesatriaan IX, Bearland, Matraman, Jakarta Timur ambrol, Kamis (15/2/2018). Akibatnya, keretakan Jalan Kesatrian IX yang sempat diperbaiki bertambah parah.

Dari pantauan iNews, tembok yang berfungsi sebagai penahan air sungai agar tak meluap ke permukiman warga itu ambruk sekitar 10 meter. Menurut warga, robohnya tanggul tersebut akibat terkikis arus sungai Ciliwung. “Tadi pagi ambrol, terkikis air sungai,” kata seorang warga Akhyar.

Ambrolnya tembok pembatas sungai tersebut menyebabkan keretakan jalan yang ada di pinggir tanggul semakin parah. Jalan terlihat berlubang menganga cukup besar dengan panjang sekitar 100 meter.

Warga berharap agar pemerintah segera memperbaiki akses jalan yang menghubungkan wilayah Bearland ke Manggari itu. Warga yang tinggal berhimpitan dengan jalan tersebut khawatir rumah mereka ikut terdampak.

“Ya, kami minta serius lah memperbaikinya, jangan hanya ditahan, tetapi diperbaiki beneran jalan maupun tanggul,” ujar Akhyar.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Jarot Widyoko mengatakan, pihaknya sudah memperbaiki sejak Selasa 13 Februari dengan memasang bronjong-bronjong batu kali di sekitar sungai yang berhimpitan dengan Jalan Berland, Matraman. Menurut Jarot, langkah penanganan tersebut sudah melalui pembicaraan dengan stakeholder yang menangani seperti, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga, Lurah, dan warga setempat.

“Saya sudah kirim 100 Bronjong-Bronjong untuk penanganan yang bersifat urgent. Namun jika dirasa kurang akan segera ditambah,” kata Jarot, Rabu (14/2/2018).

Menurut dia, BBWSCC akan mengusahakan untuk penanganan lanjutan seperti memasang sheet piles pada pinggir sungai. Namun, hal tersebut baru dapat dikerjakan pada 2019.

“Kita masih mengusahakan pada APBD perubahan nanti. Semua ada dana, sehingga paling telat tahun 2019 dilaksanakan pemasangan sheet piles. Tapi untuk sementara bronjong sudah kita pasang dari kemarin,” tuturnya.

Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta memastikan keretakan Jalan Kesatriaan IX, Bearland, Matraman, Jakarta Timur, sepanjang 100 meter itu akibat pergeseran tanah. Hal itu dikarenakan, tanah tepi sungai Ciliwung yang berada di sebelah jalan tersebut tergerus air.

“Adanya pergeseran tanah, itu yang menyebabkan terjadinya keretakan jalan,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendrawan kepada iNews.id, Rabu (14/2/2018).


Editor : Khoiril Tri Hatnanto

KOMENTAR