Alasan Harga Toyota Rush Terbaru Lebih Murah dari Model Lama

Dani M Dahwilani · Rabu, 10 Januari 2018 - 11:24 WIB

Toyota All New Rush. (Foto: iNews.id/Dani M Dahwilani)

JAKARTA, iNews.id - Ada kejutan dalam peluncuran Toyota All New Rush. Di mana harga model kendaraan anyar ini ditawarkan lebih murah dari model lama. Padahal dari segi penampilan, kendaraan ini benar-benar baru. Apa alasannya?

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengemukakan, ada beberapa faktor yang menentukan harga kendaraan. Hal ini terkait dengan unsur cost naik atau tidak, seperti nilai mata uang, pajak, dan lainnya.

"Nah, pada saat press conference 23 November 2017 kemarin, harga belum kami tentukan. Saat itu, kami masih menggodok berapa harga yang tepat untuk Rush. Di mana Rush sudah 10 tahun di Indonesia, mulai dari 5.000 unit sekarang, terus berkembang beberapa kali lipat," ucapnya ditemui iNews.id di Malang, Jawa Timur, Rabu (10/1/2018).


Menurutnya, Toyota Rush memiliki loyalitas-loyalitas dan komuniti. Sehingga keputusan penurunan harga, bukan dari permintaan dealer. Ini murni dari costumer.

"Kami berdiskusi dengan mereka. Dari research yang kami lakukan, mereka berharap bagaimana Rush dikembangkan, tapi dengan harga lebih terjangkau. Untuk itu, kami memperkenalkan produk ini," terang pria yang akrab disapa Soerjo ini.

Dia menyebutkan, pihaknya juga melakukan kaizen (metode efisiensi produksi kendaraan Toyota) dan improvement.

"Melakukan kaizen atau improvement dalam efisiensi produksi kendaraan, menjadi salah satu yang kami lakukan," jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, hal lain agar harga lebih murah ada pada sistem logistik dari pabrik, dealer, dan konsumen. Di mana dalam meminalisir biaya, begitu konsumen melakukan pemesanan, dealer langsung koordinasi. Di mana kendaraan bisa langsung diantar ke costumer.

"Dari sini komponen-komponen logistik yang membutuhan pembiayaan dapat dipangkas, sehingga harga kendaraan dapat ditekan," jelasnya.

Adapun, harga Toyota Rush terbaru yang mengalami penurunan harga ada pada TRD automatic. Di mana harga kendaraan seri tertinggi ini, memiliki selisih Rp3 juta dari model sebelumnya, kini Rp261,3 juta.

"Seri TRD merupakan paling diminati konsumen. Hal ini menjadi apresiasi untuk konsumen. Kami tidak hanya melihat pada value, tapi juga volume kendaraan agar diterima oleh banyak konsumen," ucapnya.

(BACA: Sudah Dapat Dipesan, Ini Harga Resmi Toyota Rush Baru)


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR