Ciri-Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir, Periksa Bagian Ini

Riyandy Aristyo · Rabu, 14 Februari 2018 - 06:35 WIB

Salah pilih mobil, kendaraan bekas banjir biasanya memiliki banyak masalah, baik terkait mesin maupun kelistrikan. (Foto:

JAKARTA, iNews.id - Membeli mobil bekas gampang-gampang susah. Gampangnya, banyak dealer yang menawarkan berbagai macam jenis kendaraan dengan bodi kinclong dan mulus. Susahnya, apakah kondisi mesin kendaraan yang Anda pilih bermasalah?

Ini yang dikhawatirkan sebagian besar konsumen terutama mereka yang awam tentang kendaraan. Banyak trik yang penjual lakukan untuk mengelabui atau menutupi kekurangan mobil yang ditawarkan.

Jika ditanya, sebagian besar penjual pasti akan menjawab dengan meyakinkan, "mobil ini gres banget dan jarang dipakai pemiliknya". Jika langsung termakan bujuk rayu sang sales, jangan salahkan siapa-siapa karena kekurangtelitian Anda ketika memilih kendaraan.

Jangan-jangan kendaraan yang Anda beli pernah terendam banjir. Ini akan menjadi problem ke depan karena kendaraan bekas banjir biasanya memiliki banyak masalah, baik terkait mesin maupun kelistrikan.

Bagaimana cara Anda mengetahui mobil bekas banjir? Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa hal mudah yang dapat Anda perhatikan sebelum membeli kendaraan bekas.

1. Bau Tidak Sedap

Perhatikan bau interior saat Anda pertama kali masuk kabin mobil. Apakah tercium bau apek? Bila ya, ada kemungkinan mobil tersebut pernah terendam banjir. Bau ini disebabkan oleh bagian yang basah dan susah dibersihkan secara tuntas.

2. Endapan Lumpur

Membersihkan mobil bekas banjir, bukanlah suatu hal mudah, seringkali ada beberapa tempat yang terlewatkan oleh penjual. Sebab itu, Anda harus jeli memperhatikan endapan kotoran atau lumpur yang tidak wajar pada sudut dan sela interior, seperti lubang kisi-kisi AC, sudut panel, kabel di belakang dasbor, penutup speaker, sela-sela dan rel jok mobil.

3. Karat

Ciri lain mobil bekas banjir adalah karat atau korosi. Periksa eksterior, pastikan tidak ada karat yang tak wajar atau menyeluruh pada bodi dan kolong. Pada interior, ada beberapa bagian yang perlu diperiksa, salah satunya adalah pada jok mobil dan pedal.

4. Oli Tercampur Air

Pada mobil bekas terendam banjir, oli di dalam mesin akan tercampur dengan air. Periksa warna oli mesin. Apabila warnanya coklat keputihan, itu indikasi bahwa air pernah masuk ke dalam mesin.

5. Suara Mesin Mobil

Selain warna pelumas, Anda juga perlu memperhatikan suara mesin mobil. Suara mesin yang belum diperbaiki setelah kena banjir akan terdengar lebih kasar dan keras dari normal.

6. Kerusakan Kelistrikkan

Semua alat elektronik sangat rentan terhadap air. Sama halnya dengan komponen elektrik pada mobil. Periksa setiap fungsi perangkat elektronik, seperti lampu, audio, AC, wiper dan perangkat elektronik lainnya. Pastikan semua berfungsi dengan normal. Jika ada yang aneh, perlu Anda pertimbangkan.

So, telitilah saat Anda membeli kendaraan bekas. Jangan sampai Anda dibuat menyesal setelah mobil terparkir ke garasi rumah.


Editor : Dani Dahwilani

KOMENTAR