Dibangun 5 Tahun, Modifikasi Motor Terindah Yamaha XS650 Duke

Dani M Dahwilani · Minggu, 11 Februari 2018 - 21:41 WIB

Rumah modifikasi asal Bulgaria, Galaxy Custom membangun sebuah motor lawas menjadi sebuah karya seni tinggi, Yamaha XS650 Duke. (Foto: Carscoops)

SOFIA, iNews.id - Rumah modifikasi asal Bulgaria, Galaxy Custom membuat kagum pecinta roda dua di dunia. Workshop ini membangun motor lawas menjadi sebuah karya seni tinggi, Yamaha XS650 Duke.

Untuk menghasilkan modifikasi yang sempurna, Galaxy Custom membangunnya selama 5 tahun. Hal yang tersisa dari versi orsinil Yamaha XS650, adalah mesin, pelek, dan rem belakang. Sisanya, komponen Duke dipesan dari beberapa barang aftermarket premium.

"Kami adalah sekelompok kecil pecinta gasoline yang memulai sebuah workshop pada tahun 2011 di Vratsa - sebuah kota kecil di Bulgaria. Pencipta dan insinyur utama bengkel tersebut adalah Angel Valkov. Angel Kotov adalah pria metal kami dan tukang las yang hebat, dan Evgeni Veselinov melakukan perbaikan mesin serta elektronik kami, " ujar Ivailo Trendafilov, perancang utama Galaxy Custom, seperti dilansir dari Ride Apart, Minggu (11/2/1018).

Yamaha XS650 Duke
"Sejak awal, kami telah merencanakan sesuatu seperti ini untuk Yamaha XS. Alasannya sederhana, sepeda motor ini memiliki mesin yang sangat indah yang berutang banyak pada model motor klasik di Inggris yang abadi," kata Trendafilov.

Yamaha XS650 Duke
Adapun Yamaha perdana diluncurkan pada 1968, dengan mesin SOHC. XS650 diproduksi lebih dari 15 tahun sebelum akhirnya ditarik pada 1985.


Proyek Duke dibangun dari XS650 keluaran 1982. Galaxy Custom ingin menciptakan sebuah motor yang benar-benar berbeda dan unik.

Yamaha XS650 Duke
Trendafilov mengawalinya dengan membuat rancangan tiga dimensi (3D) dari berbagai bagian, mulai dari chassis, swingarm, forks, tangki, hingga fender.

Yamaha XS650 Duke
"Merancang dan menciptakan setiap bagian dari komponen dan membuat semuanya bekerja dengan sempurna hampir tidak mungkin. Tapi dengan waktu 5 tahun, kami punya waktu mewujudkannya," tandas Trendafilov.

Yamaha XS650 1982Yamaha XS650


Editor : Dani Dahwilani

KOMENTAR