Hanya 4 Hari, Toyota Rush Bukukan SPK 2.534 Unit

Dani M Dahwilani · Selasa, 09 Januari 2018 - 17:46 WIB

Toyota Rush. (Foto: iNews.id/Dani M Dahwilani)

MALANG, iNews.id - All New Rush mencatatkan surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 2.534 unit hanya dalam empat hari, mulai 3-7 Januari 2018. Sebagian besar dari pesanan berasal dari varian TRD Sportivo, yang merupakan kasta tertinggi di segmen line-up medium SUV Toyota ini.

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengemukakan, respons pelanggan terhadap kehadiran Toyota Rush baru sangat baik.

“Sebanyak 88,6 persen SPK yang diterima berasal dari pesanan tipe TRD Sportivo. Ini sekaligus menunjukkan bahwa nuansa sporty yang kuat pada All New Rush mendapat respons yang sangat positif dari pelanggan,” katanya, ditemui iNews.id saat mendampingi test drive All New Rush di Malang, Jawa Timur, Selasa (9/1/2018).

Berdasarkan SPK yang tercatat, dari 2.534 SPK tersebut di antaranya berasal dari pemesanan varian TRD Sportivo (A/T) dengan komposisi 51,7 persen, varian TRD Sportivo M/T dengan komposisi 36,9 persen, kemudian varian G A/T dengan komposisi 6,1 persen, dan varian G M/T dengan komposisi 5,3 persen.


All New Rush hadir dalam enam warna menarik, yaitu white, silver mica metallic, black mica, bronze mica metallic, red mica metallic, dan bordeaux mica. Di mana dari SPK yang tercatat, white merupakan warna yang paling diminati dengan komposisi 45,1 persen yang kemudian diikuti oleh black mica dengan komposisi 27,7 persen, dan silver mica metallic dengan komposisi 17,0 persen.

Generasi terbaru dari Toyota Rush ini, diperkenalkan pertama kali kepada publik pada November 2017 untuk menggantikan generasi sebelumnya yang sukses mendobrak pasar medium SUV pasar otomotif nasional. Generasi pertama Rush hadir pada 2006 dan menjadi salah satu pionir motor penggerak pasar di segmennya.

"Kehadiran Rush dengan DNA sebagai real SUV kala itu berhasil mendongkrak volume pasar medium SUV dari rata-rata 10.000 unit per tahun menjadi 30.000 per tahun," kata Soerjopranoto.

Mobil dengan akumulasi penjualan tertinggi di segmennya ini, yaitu mencapai lebih dari 250.000 unit, kini tampil dengan desain yang lebih modern dan sporty untuk mengisi pasar yang kian dinamis. Dalam balutan konsep tough and dynamic, All New Rush hadir dengan penampilan sama sekali baru, dengan tetap mempertahankan DNA sebagai kendaraan real medium SUV yang telah malang-melintang selama 11 tahun mengisi pasar mobil nasional.

“Melihat animo dan antusiasme pelanggan terhadap kehadiran All New Rush, kami berharap generasi terbaru Rush ini berhasil mengikuti jejak pendahulunya sebagai motor penggerak pasar segmen medium SUV. Kami melihat peluang itu cukup terbuka,” jelas Soerjopranoto.

Penampilan All New Rush berubah total dibandingkan generasi sebelumnya. Dimensinya makin panjang, ruang kabin meluas, menggunakan teknologi baru, dan semakin aman dengan fitur keamanan yang lebih lengkap. Mobil ini lahir melalui riset panjang untuk mengenal lebih dalam kebutuhan konsumen SUV di Indonesia, sekaligus untuk mencapai standar global.

Desain lebih stylish dan dimensi yang lebih besar, penampilan All New Rush sebagai real Medium SUV terlihat lebih kokoh. Untuk memberi ruang kabin yang lebih luas, panjang All New Rush bertambah 230 mm menjadi 4.435 mm. Sementara untuk menjaga kelincahan dengan DNA sebagai real Medium SUV,  lebar All New Rush dipertahankan 1.685 mm, begitu juga tinggi 1.705 mm dan jarak antar roda (wheel base) 2.685 mm.

Dipadu dengan sistem roda penggerak belakang, engine baru berteknologi Dual VVT-i (2NR), serta ground clearance yang tinggi, All New Rush siap melewati berbagai rintangan dan kondisi jalan. Teknologi dual VVT-i (2NR), membuat performa All New Rush lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar. Tenaga yang dihasilkan, 104 PS dan torsi 13,9 kgm.

Untuk meningkatkan kenyamanan, sistem suspensi menerapkan pengaturan (setting) yang lebih baik dengan stabilizer di bagian depan dan belakang. Tingkat kekedapan dan peredaman dalam kabin juga menjadi lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Interior didesain untuk 7 penumpang dengan tiga baris bangku. Dalam dimensi yang baru, membuat interior menjadi jauh lebih luas, dimana jarak antara dashboard dengan bangku ke tiga kini mencapai 2.525 mm.  Ini memberi ruang yang luas dalam mendesain posisi bangku, dimana jarak antara bangku depan dengan baris kedua menjadi 925 mm atau lebih longgar 45 mm dibandingkan model sebelumnya.

Jarak bangku baris kedua dengan bangku baris ketiga 700 mm. Sehingga penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya. Dan ini masih menyisakan ruang yang luas untuk tempat bagasi. Panjang bagasi All New Rush mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan model sebelumnya.

Fitur entertainment, All New Rush tipe TRD Sportivo dilengkapi DVD AVX 7" with Internet, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App. Sedangkan untuk tipe G, fitur entertaintment-nya dilengkapi DVD AVX 7", USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, HDMI, dan Miracast. Kemewahan ini didukung surround audio system dengan delapan speaker untuk tipe TRD Sportivo dan enam speaker untuk tipe G.

Semua varian All New Rush dilengkapi LED headlamp, integrated LED rear combination lamp, tombol start-stop mesin, AC double blower, head unit tujuh inci, kamera parkir mundur, grille chrome hitam, pengaturan naik-turun kemudi, enam kantong udara, Vehicle Stability Control (VSC), indikator pengingat tujuh sabuk pengaman, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Stop Signal (ESS).

Sementara untuk tipe TRD, hadir lebih eksklusif dan gagah dengan TRD aerokit dan ban ukuran 17”. Selain itu, terdapat soft touch ornament, leather steering wheel & shift knob lever, fitur smart entry, serta fungsi Auto A/C dengan layar digital untuk memberikan kenyamanan, serta kemudahan dalam berkendara.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR