Lintasi Malang-Surabaya, Toyota Rush Taklukkan Segala Medan

Dani M Dahwilani · Jumat, 12 Januari 2018 - 07:01 WIB

Toyota All New Rush TRD Sportivo. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kehadiran All New Rush, membuat banyak orang penasaran dengan performa dan fitur mobil generasi terbaru Toyota ini. Penampilan mobil medium SUV (sport utility vehicle) tersebut sangat berbeda dari generasi sebelumnya, lebih kekinian, sporty dan stylish.

Membuka lembaran baru 2018, iNews.id berkesempatan menguji ketangguhan Toyota Rush dalam journalist test drive (JTD) dengan rute perjalanan Malang-Surabaya, Jawa Timur, pada 9 - 10 Januari 2018. Selama perjalanan jurnalis menguji performa dan fitur-fitur baru mobil tersebut.

Mendarat di Kota Malang, perjalanan dimulai dari Bandara Abdurachman Saleh, Selasa (9/1/2018), pukul 10.00 WIB. Kendaraan yang digunakan adalah Toyota Rush TRD Sportivo transmisi otomatis. Destinasi pertama menuju Niki Kopitiam Cafe & Resto di Batu, Malang, dengan jarak tempuh sekitar 25 km melalui jalan alternatif.

Melintasi kawasan padat Kota Malang dan jalan alternatif dengan karakter menanjak dan sempit, kelincahan Rush diuji. Walau memiliki dimensi lebih besar dari model sebelumnya, Rush terbaru sangat asyik diajak bermanuver.

Toyota Rush
Suspensi Toyota Rush juga terasa lebih empuk, namun tetap tidak meninggalkan karakter sebagai sebuah SUV. Menggendong mesin Dual VVT-i, tenaga Rush sangat mumpuni melintasi tanjakan.

Fitur entertainment yang lengkap, seperti DVD AVX 7 inc dengan internet, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App, memberikan banyak pilihan hiburan selama perjalanan. Sound musik dapat dinikmati dengan jernih tidak hanya oleh pengemudi dan penumpang di bagian depan, tapi juga penumpang di belakang berkat surround audio system 8 speaker.

Toyota Rush
Setelah melintasi perjalanan sekitar 1,5 jam, jurnalis tiba di Niki Kopitiam untuk makan siang dan mengikuti pemaparan mengenai Toyota Rush dari PT Toyota-Astra Motor (TAM). Sekitar pukul 14.00 WIB, perjalanan dilanjutkan menuju kawasan Kampung Warna-Warni Jodipan, Kota Malang, dengan jarak tempuh sekitar 20 km melintasi jalan alternatif.

Dari Kampung Warna-Warni, jurnalis melanjutkan perjalanan ke hotel tempat menginap untuk beristirahat, dan kegiatan hari pertama ditutup dengan makan malam di Kota Malang.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang menelusuri jalan-jalan di Kota Batu dan Malang mengunjungi beberapa destinasi wisata, aktivitas test drive Rush hari kedua dilanjutkan menuju Kota Surabaya.

Toyota Rush
Kali ini, jurnalis berganti kendaraan menggunakan Rush TRD Sportivo bertransmisi manual. Perjalanan dimulai pukul 10.00 WIB, berputar menuju kawasan pegunungan Coban Rondo, Kota Batu, dengan jarak tempuh sekitar 30 km.

Melintasi jalanan menanjak dan padat, fitur keamanan Hill Start Assist (HSA) pada Rush sangat membantu pengemudi saat terjebak macet di tanjakan. Sistem keamanan ini mencegah mobil mundur dan menabrak kendaraan lain di belakang. Pada saat berhenti, dalam beberapa detik HSA secara otomatis menahan laju mobil.

Fitur keamanan lain Toyota Rush selama perjalanan adalah indikator pengingat 7 seat belt. Di mana indikator ini akan berbunyi ketika pengemudi dan penumpang, termasuk di bagian belakang melepas atau tidak menggunakan sabuk pengaman.

Toyota Rush
Perjalanan di kawasan Batu semakin menantang karena di tengah perjalanan hujan deras menyambut. Namun, jalanan yang licin dengan tanjakan dan turunan curam dapat dilalui Rush tanpa ada hambatan.

Usai mengitari wilayah Batu, perjalanan dilanjutkan menuju Kota Surabaya dengan jarak tempuh sekitar 120 km. Lokasi yang dituju adalah Noach Café & Bistro di Jalan Pregolan, Tegalsari, Surabaya.

Toyota Rush
Melewati jalur Singosari yang padat, perjalanan dilanjutkan masuk ruas Tol Malang-Surabaya. Dalam kesempatan tersebut jurnalis memacu kendaraan pada kecepatan 100-120 km/jam. Apa yang terasa? Rush sangat stabil walau bermanuver pada kecepatan tinggi.

Toyota Rush
Memasuki Kota Surabaya, perjalanan kembali melintasi kawasan padat lalu lintas. Setelah menjalani perjalanan sekitar 2,5 jam, jurnalis akhirnya tiba di lokasi Noach Café & Bistro, sekitar pukul 14.00 WIB.

Usai makan siang dan beraktivitas, perjalanan berakhir menunju Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, dengan jarak tempuh sekitar 20 km dari Kota Surabaya.

Dari total perjalanan sekitar 9 jam bersama All New Rush, mobil ini sangat cocok untuk berpetualang bersama keluarga, atau beraktivitas di segala medan. Dengan berbagai kelebihan fitur yang dimiliki, Rush dapat menjadi referensi bagi Anda sebagai kendaraan multifungsi.


Editor : Dani Dahwilani

KOMENTAR