Mantan Bos Toyota Tatsuro Totoda Meninggal Dunia

Riyandy Aristyo · Selasa, 09 Januari 2018 - 15:39 WIB

Mantan Bos Toyota Tatsuro Totoda (Foto: Carscoop)

TOKYO, iNews.id - Dunia otomotif tengah dirundung duka. Pasalnya, mantan presiden Toyota Tatsuro Toyoda meninggal dunia, pada Sabtu kemarin. Ia meninggal dunia pada usia 88 tahun.

Tatsuro Toyoda sendiri berperan dalam mengawasi ekspansi global Toyota, khususnya di pasar Amerika Serikat.

Seperti dilansir Carscoops, Selasa (9/1/2018), Tatsuro-san merupakan pria yang berperan sebagai presiden Toyota dari tahun 1992 sampai 1995. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai presiden New United Motor Manufacturing Inc atau NUMMI, di California. Pabrik itu merupakan hasil kolaborasi Toyota dan General Motors.

Pabrik tersebut membantu memperkenalkan proses manufaktur Toyota yang efisien dan menunjukkan, sistem manufaktur Toyota juga bisa dipakai di luar Jepang.

Saat ini, Toyota memiliki 10 fasilitas manufaktur di Amerika Serikat. Bisa dibilang, inilah warisan Toyoda yang paling kuat. Sayangnya, pada tahun 1995 ia harus mundur dari jabatan presiden Toyota karena alasan kesehatan dan digantikan oleh Hiroshi Okuda di tahun yang sama.

Sekadar informasi, Hiroshi Okuda merupakan satu-satunya presiden  yang bukan merupakan anggota keluarga Toyoda sejak 1967. Pada tahun 2009, Akio Toyoda, keponakan Tatsuro, mengambil alih perusahaan Toyota.

Dengan masuknya Akio Toyoda ke posisi presiden, keluarga Toyoda bisa kembali mengontrol atas merek Toyota. Sehingga memberikan kesan bisnis keluarga di dalam rumah famili Toyoda lumayan kuat.

Toyoda memegang berbagai posisi setelah masa jabatannya sebagai presiden, termasuk peran penasihat dan wakil ketua. Pernyataan Toyota mengatakan, mantan eksekutif tersebut meninggal pada tanggal 30 Desember 2017, setelah berjuang melawan pneumonia. Pemakaman pribadi diadakan untuk keluarga, namun Toyota berencana untuk mengadakan perpisahan di masa depan. Selamat jalan, Toyoda-san.


Editor : Dini Listiyani

TAG : toyota

KOMENTAR