Mengenal Lebih Dekat Sedan Mewah Lexus LS 500

Dani M Dahwilani · Selasa, 13 Februari 2018 - 21:23 WIB

Lexus LS 500 tidak hanya simbol kemewahan dari merek Lexus, tapi juga merepresentasikan budaya dan tradisi negara asalnya, Jepang. (Foto: Lexus)

JAKARTA, iNews.id - Lexus baru saja mengumumkan kehadiran sedan mewah LS 500 di Indonesia. Bagaimana konsep dan fitur yang dipersembahkan mobil luxury ini?

Emosional, inovasi yang melebihi ekspektasi, serta eksklusif. Inilah nilai-nilai yang dihadirkan Lexus pada generasi terbaru LS 500 Full Model Change. Menyandang predikat “The Long Awaited Lexus Flagship”, Lexus LS 500 tidak hanya simbol kemewahan dari merek Lexus, tapi juga merepresentasikan budaya dan tradisi negara asalnya, Jepang.

Konsep utama dari pengembangan Lexus LS 500 ialah “Ultimate Experience of Visionary Anticipation”. Lexus ingin menciptakan sebuah kendaraan yang mampu memikat hati melalui pengalaman luar biasa. Yakni, pengalaman yang jauh melampaui ekspektasi dengan cara terbaik. Lexus LS 500 mengemasnya dalam tiga elemen kunci yakni eksklusif, emosional, dan inovasi yang luar biasa.

Sisi eksklusif merujuk pada performa mobil kelas dunia dalam hal keamanan dan ramah lingkungan. Setiap detil mobil sangat diperhatikan kesempurnaanya, ditambah dengan nilai 'omotenashi' yang menyuguhkan keramah-tamahan khas tradisi Jepang.

Sisi emosional mengarah pada keinginan untuk menciptakan momen-momen indah serta sensasi yang menggetarkan, sedangkan inovasi yang melebihi ekspektasi terekspresikan melalui keindahan desain mobil yang seksi dengan lekukan tubuh indah yang memancarkan bayangan anggun. Layaknya seorang artis dengan pakaian glamour menari di sebuah panggung pesta, sehingga seluruh pandangan mata pasti tertuju kearahnya.

Lexus LS 500
Seluruh detil dan ornamen yang melekat di tubuh Lexus LS 500 telah banyak mengalami pengembangan dibanding generasi sebelumnya. Hal tersebut semata-mata untuk menambah nilai kemewahan yang diberikan Lexus.

Pada Lexus LS 500, tim desain berhasil melakukan terobosan membuat siluet mobil menjadi lebih ramping dengan alur rendah. Ruang kabin juga lebih luas dengan nuansa mewah yang terbentang dari depan hingga ke belakang.  

Spindle grille yang diadopsi Lexus LS 500 memiliki struktur unik dan kompleks. Bila dicermati kisi-kisinya menyerupai pohon palem yang menghasilkan bentuk “L” dalam jumlah banyak, dimana inspirasi untuk hal tersebut di dapat dari pohon palem di Indonesia.

Untuk dapat menghasilkan pola tersebut tim desain membutuhkan ketelitian dan kecermatan yang sangat tinggi. Mereka harus bekerja 8 jam setiap hari selama tiga setengah bulan, agar komputer dapat mengkalkulasi secara akurat jarak antar tiap lubang.

Kenyamanan

Lexus LS 500
Interior Lexus LS 500 mengadopsi konsep “progressive comfort” atau kenyamanan berlipat ganda, di mana cita rasa kenyamanan ekstra dan karakter klasik Lexus membaur menjadi satu ke dalam kabin secara sempurna. Kesempurnaan tersebut tergambar dari pencahayaan interior yang mengekspresikan estetika unik Jepang.

Dash grille yang terbentang di dashboard dengan garis-garis horizontal terinspirasi alat musik tradisional Jepang bernama Koto. Sentuhan artistik pada panel trim ialah ornamen organic wood dan herringbone.

Organic Wood menggunakan bahan dasar kayu asli untuk kemudian disusun sedemikian rupa menjadi lapisan yang sangat tipis. Memanfaatkan kecanggihan teknologi manufaktur Jepang, tim Lexus mampu menciptakan pola kayu natural yang tidak dapat ditemukan di alam. Pada proses akhir, ketika kayu menyatu dengan elemen logam, hasilnya tidak hanya memperkuat kesan mewah tapi juga menghadirkan kesan progresif pada sisi interior.

Lexus LS 500
Mengenai warna, ada dua warna baru yang dikembangkan khusus untuk Lexus LS 500, yaitu “Manganese Luster” dan “Sonic Agate”. Mengusung tema “effect of element” Lexus menggunakan semua jenis elemen warna, tekstur material, proses penyelesaian tiga dimensi, serta pencahayaan  dalam memodulasi bentuk interior dan eksterior. Tujuannya adalah untuk mengekpresikan keberagaman perspektif akan perubahan dramatis dalam hal bentuk dan rasa.  

“Manganese Luster” atau mangan yang berkilau sehingga mampu mempertegas bentuk lekukan dan garis indah pada tubuh mobil. Juga terdapat warna interior baru lainnya, yakni perpaduan crimson dan black yang menawan.

Mobil ini juga dilengkapi moon roof  pada bagian atap untuk menambah rasa kebebasan dan pencahayaan kabin yang lebih terang. Memiliki dimensi 5.235 x 1.900 x 1.450, Lexus LS 500 mengadopsi desain four-door coupe, sangat berbeda dengan mobil sedan tradisional pada umumnya, yang menggunakan three-box design. Untuk bagian roda, Lexus LS 500 menggunakan velg berukuran 20 inci terbaru, dengan resonance chamber yang ikut berkontribusi dalam mengurangi getaran dan suara yang merambat ke kabin. 

Lexus LS 500


Editor : Dani Dahwilani

TAG :

KOMENTAR