Mobil Terendam Banjir, Ini yang Harus Anda Lakukan

Riyandy Aristyo · Selasa, 13 Februari 2018 - 06:17 WIB

Banyak pemilik kendaraan bingung dan tidak tahu bagaimana memperlakukan mobil yang terlanjur terendam banjir. (Foto: Telegraph)

JAKARTA, iNews.id - Banjir bisa melanda kapan saja, terutama di wilayah-wilayah daratan rendah. Bagaimana jika mobil Anda terkena banjir?

Banyak pemilik kendaraan bingung dan tidak tahu bagaimana memperlakukan mobil yang terlanjur terendam banjir. Dibutuhkan penanganan tepat agar mobil Anda tidak rusak.

"Masih banyak dari pemilik mobil yang belum mengetahui cara menangani kendaraan yang terkena banjir. Maksud hati ingin memperbaiki justru merusak kendaraan," ujar Pius Mali, pemilik bengkel mobil Adonara Car saat berbincang dengan iNews.id.

Dia menerangkan, hal pertama jika mobil terendam banjir dorong kendaraaan ke tempat yang lebih tinggi atau tidak tergenang air. Ketika memindahkan mobil, jangan sekali-kali mencoba menyalakan mesin walau hanya untuk meminggirkan kendaraan.

"Bila mesin langsung dinyalakan bisa menimbulkan korsleting dan air yang masuk ke mesin lebih banyak," kata Pius.

Selanjutnya, lap bagian kabin dan kap mesin yang basah hingga kering. Kemudian cabut kelistrikan, dalam hal ini mencabut aki dari sumbernya. Langkah tersebut perlu dilakukan agar semua komponen yang teraliri listrik tidak korslet.

"Mencabut kabel yang terpasang di aki mobil untuk mencegah korsleting pada sistem kelistrikan kendaraan, termasuk sistem komputer," katanya.

Jika kedalaman air tidak sampai merendam mesin, cek komponen lain seperti kaki-kaki. Salah satu yang penting adalah tie-rod. Komponen ini dilumasi gemuk dan ditutup karet, air bisa saja masuk dan bercampur gemuk sehingga dapat menyebabkan karat.

Di saat mobil terendam banjir, ada kemungkinan air masuk kedalam tangki bensin yang bisa menyebabkan BBM tercampur air banjir. Jika terjadi akan mengganggu sistem pengapian dan membuat tangki bensin keropos, serta mudah bocor dalam jangka panjang.

"Jika Anda mampu melakukannya sendiri, kuras tangki bensin untuk memastikan bahwa tidak ada air yang tercampur dalam bensin. Sebab air yang masuk ke tangki dan bercampur dengan bensin berpotensi menimbulkan karat pada tangki bensin," ujarnya.

Selanjutnya, hubungi pihak bengkel. Bila perlu penanganan lebih, mobil akan dibawa petugas bengkel untuk diperbaiki. Mintalah kepada petugas untuk memeriksakan kondisi minyak atau oli di transmisi mesin dan lainnya. Selain oli mesin, semua minyak yang dipakai mobil kemungkinan besar sudah tercampur dengan air ketika terendam banjir," tandasnya.


Editor : Dani Dahwilani

KOMENTAR