Mobil Terkena Kotoran Burung, Ini yang Harus Anda Lakukan

Riyandy Aristyo · Senin, 12 Februari 2018 - 06:32 WIB

Terkena kotoran burung, segera bersihkan kendaraan Anda agar cat tidak rusak ketika terpapar terik matahari. (Foto: The Spruce)

JAKARTA, iNews.id - Bagi pemilik kendaraan salah satu masalah yang sulit dihindari saat berpergian atau parkir di luar ruangan adalah kotoran burung. Apalagi jika kendaraan Anda baru saja dicuci atau dipoles di salon mobil, ini tentu membuat kesal.

Sebagian besar pengguna kendaraan terkandang malas untuk membersihkannya. Selain jijik, ada juga yang memilih membiarkannya mengering dan terlepas sendiri.

Pertanyaannya adalah, apakah kotoran burung dapat merusak cat kendaraan Anda? Berdasarkan penelitian sejumlah ahli kotoran burung sejatinya tidak memiliki kandungan yang merusak cat kendaraan.

Lho kok bisa, lalu apa yang menyebabkan cat mobil kusam setelah terkena kotoran burung lama? Dilansir dari berbagai sumber, berdasarkan riset Car Care Axpert Autoglym, Inggris, kotoran burung tidak serta merta merusak cat kendaraan. Namun, masalah terjadi jika permukaan kendaraan terpapar sinar matahari.

Di mana saat mobil berada di bawah terik matahari, cat mobil akan mengembang dan kotoran burung yang menutup cat akan menyerap. Setelah cuaca mendingin di sore hari, cat akan mengerut kembali ke posisi semula.

Nah, pada area mobil yang tertutup kotoran burung itulah timbul bekas. Noda yang masuk ke dalam pori-pori cat membuat warna kendaraan Anda tidak semulus awal.

Jika kotoran burung pada kendaraan Anda terlajur mengering, sebaiknya siram bagian yang terkena kotoran dengan air bersih. Lalu, tutup bagian kotoran menggunakan kain basah atau kanebo dalam beberapa menit.

Tujuannya, agar bagian keras pada kotoran burung melunak. Maklum, pada bagian kotoran burung banyak partikel-partikel yang keras, seiring kebiasaan sebagian ini memakan kerikil atau biji-bijian untuk membantu pencernaan. Jika langsung digosok, kendaraan Anda bisa baret.

Selanjutnya, gunakan lap basah berbahan mikrofiber untuk membersihkan kotoran. Di mana lap jenis ini mampu mengangkat kotoran dari permukaan kendaraan.

Terakhir, bersihkan dengan kanebo agar sisa air dari lap basah terangkat dan kering dengan sempurna.


Editor : Dani Dahwilani

KOMENTAR