Porsche dan Audi Berbagi Platform Pengembangan Mobil Listrik

Riyandy Aristyo · Selasa, 13 Februari 2018 - 10:21 WIB

Porsche tetap memfokuskan kendaraan listrik pada Mission E. (Foto: Engadget)

LEIPZIG, iNews.id - Porsche dan Audi bekerja sama membangun platform terbaru kendaraan listrik (electric vehicle/EV) masa depan mereka. Audi menyiapkan dua kendaraan sedan dan dua SUV (sport utility vehicle) yang akan menggunakan platform ini.

Sementara Porsche akan membangun kendaraan listrik pertamanya di pabrik yang sama dengan Porsche Macan.

Dikutip dari Engadget, Selasa (13/2/2018), baik manajeman Audi maupun Porsche belum mengungkapkan mobil mana yang akan diproduksi terlebih dahulu, semua tergantung pada regulasi emisi CO2.

Kabar kerja sama antara Porsche dan Audi dalam pengembangan kendaraan listrik  bukanlah hal yang mengejutkan. Pasalnya, beberapa waktu lalu Porsche tengah mengembangkan platform kendaraan listrik yang digunakan untuk Audi dan Lamborghini. Ini merupakan salah satu tujuan Volkswagen Group dalam menyempurnakan EV mereka.

Menurut perwakilan Porsche Oliver Blume, pengembangan platform terbaru ini akan menghabiskan biaya sekitar 30 persen lebih banyak dari produksi mobil listrik itu sendiri.

Sementara itu, perawakilan Audi Rupert Stadler menyebutkan biaya untuk mengembangkan satu buah platform yang dicanangkan hingga 2025, tidak akan mencapai 1 miliar euro.

Porsche tetap memfokuskan kendaraan listrik pada Mission E. Seperti diketahui, produksi Porsche Mission E sudah masuk tahap akhir. Saat ini, ada sekitar 20.000 Mission E yang dibuat pabrik di Zuffenhausen dalam pemasangan komponen terakhir untuk penyempurnaan mobil.


Editor : Dani Dahwilani

KOMENTAR