Si Kembar Royal Enfield Siap Meluncur di Indonesia, Ini Penampakannya

Riyandy Aristyo · Jumat, 12 Januari 2018 - 23:23 WIB

Si Kembar Royal Enfield (Foto: Royalenfield)

NEW DELHI, iNews.id - Dalam waktu dekat, Indonesia kedatangan dua motor kembar pabrikan motor asal India, Royal Enfield. Hal tersebut terlihat dari halaman resmi Royal Enfield yang menampilkan foto kedua motor retro, Continental GT 650 dan Royal Enfield Interceptor.

Meski saat gambarnya diklik, informasi mengenai dua motor kembar ini masih diteruskan ke situs Royal Enfield global dengan teks bahasa Inggris. Disebut kembar karena keduanya menggunakan berbagai fitur yang sama.

Baik Interceptor maupun Continental GT, dibekali fitur keselamatan berupa pengereman menggunakan cakram depan berukuran 320 mm dan belakang 240 mm. Royal Enfield juga menambahkan anti-lock braking system (ABS) yang berfungsi mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak.

Selain fitur keselamatan, dua motor vintage tersebut berbagi platform yang sama, yaitu mengandalkan mesin berkapasitas 650 cc SOHC dua silinder. Baru kali ini Royal Enfield memproduksi motor dengan jantung mesin dua silinder berkapasitas diatas 500 cc. Tidak heran, kedua motor tersebut mampu memuntahkan torsi puncak 52 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 47 PS pada 7.100 rpm. Sistem transmisi menjadi 6-percepatan manual.

Walaupun punya banyak kesamaan, bukan berarti tidak memiliki perbedaan. Perbedaan pertama yang begitu mencolok dari tampilannya. Continental GT 650 wujudnya khas motor Inggris era 1960-an. Joknya pendek dan dilengkapi buntut membulat, hanya bisa ditunggangi satu orang. Stang dibuat lebih pendek, agar karakter balapnya lebih tampak.

Sedangkan Interceptor lebih seperti tunggangan warga Amerika Serikat tahun 1950-an. Ciri utama tampak dari kemunculan jok panjang tipis dan rata, tidak ketinggalan pemakaian stang tinggi untuk posisi berkendara rileks. Warna tangki yang cerah menjadi salah satu keunikannya, ada dua pilihan oranye dan kombinasi merah, hitam, serta perak.

Dengan demikian, Royal Enfield berarti siap meluncurkan tiga produknya di Indonesia tahun ini. Selain Interceptor dan Continental GT 650, mereka lebih dulu menjanjikan membawa motor petualang Himalayan ke Tanah Air. Himalayan menggendong mesin berkapasitas 411 cc, bisa melontarkan bertenaga 24,5 PS dan torsi 32 Nm. Performanya diklaim cocok untuk melewati berbagai medan jalan, termasuk off-road.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR