Piala Presiden 2018

Demi Partai Final, Ketua SC Minta Fasilitas Lebih ke Pemprov DKI

Reynaldi Hermawan · Kamis, 15 Februari 2018 - 19:49 WIB

Ketua Steering Committe Piala Presiden Maruarar Sirait memberikan pernyataan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (15/2/2018). (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id — Final Piala Presiden 2018 akan mempertemukan Persija Jakarta dan Bali United di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (17/2/2018) malam. Untuk mempersiapkan hajatan itu, Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2018 Maruarar Sirait meminta bantuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengakomodiri suporter kedua tim.

Untuk memuluskan ambisinya, pria yang akrab disapa Ara itu menyambangi kantor Anies di Balai Kota, Kamis (15/2/2018) sore. Pada kesempatan itu dia memaparkan berbagai permohonan kepada pihak pemerintah provinsi (pemprov) agar turut membantu memfasilitasi para pendukung pada partai puncak kompetisi pramusim tersebut.

"Tadi saya sudah berdiskusi dengan pak gub, akan ada tambahan unit bus Transjakarta untuk malam final nanti. Sebab, saya takut pertandingan akan berlanjut hingga babak adu penalti dan selesai jam 11 malam. Tambahan bus itu berguna untuk mengakomodasi suporter yang tentunya akan membludak," kata Ara kepada iNews.id.

Tak hanya itu, Ara pun meminta kepada pihak pemprov untuk mengadakan toilet tambahan demi menghindari antrean panjang. "Pada titik rawan sebelum masuk stadion pak gub juga sudah menjanjikan akan ada toilet mobile. Jadi saya harapkan para suporter bisa menggunakan fasilitas tersebut dengan sebaik-baiknya. Tak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih kepada pak gub atas perhatiannya terhadap kompetisi ini," ujarnya.

Kekhawatiran panitia atas membludaknya suporter memang wajar, mengingat animo masyarakat Indonesia mengenai sepak bola begitu luar biasa. Terlebih, yang akan bermain merupakan tuan rumah, yang notabene sudah lama tak mencicipi laga final.

Seperti diketahui, terakhir kali Macan Kemayoran berada di final kala bentrok Arema Malang di ajang Copa Indonesia, 19 November 2005. Sayang, mereka gagal merengkuh gelar juara setelah kalah 3-4 dari Singo Edan.

Sebelumnya, di tahun yang sama, Bambang Pamungkas dkk, juga melakoni laga final kontra Persipura Jayapura di ajang Liga Indonesia, pada 25 September. Lagi-lagi, Persija gagal jadi kampiun karena kalah 2-3.

So, untuk mengobati rasa rindu berlaga di final, The Jakmania pastinya akan berbondong-bondong datang ke stadion kebanggaan masyarakat Indonesia untuk melihat dan mendukung tim kesayangnnya berlaga. Bahkan, Ara memprediksi bakal ada puluhan ribu The Jakmania yang akan hadir.

"Saya memprediksi akan ada sekitar 40.000 hingga 50.000 The Jakmania yang akan datang menonton. Mereka sepertinya akan memadati 80 persen kursi penonton. Selain itu, akan ada puluhan ribu suporter Bali United. Kalian bayangkan akan seperti apa padatnya nanti. Untuk itu kami koordinasi sama pihak pemprov," kata Ara mengakhiri komentarnya.


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR