Liga Italia

Dianggap Berbahaya, Fans Roma Dilarang ke Udine

Haryo Jati Waseso · Selasa, 13 Februari 2018 - 20:09 WIB

Para pendukung AS Roma (Foto: AFP/ Alberto Pizzoli)

UDINE, iNews.id - Kabar tak menyenangkan sambangi kubu AS Roma. Tifosi klub ibu kota Italia itu dilarang memasuki kota Udine, ketika Il Lupi menyambangi Udinese di Dacia Arena, Sabtu (17/2/2018) malam WIB, pada lanjutan Serie A Liga Italia.

Pelarangan itu terkait dengan keributan yang terjadi antara sejumlah pendukung Roma melawan fans Hellas Verona, di Verona pada awal bulan ini. Pelarangan tersebut diperintahkan langsung oleh prefek kota Udine.

Nampaknya, pemimpin administrasi kota Udine tersebut tak ingin para Ultras Roma membuat kerusuhan di kota kecil tersebut. Apalagi, prefek Udine menyebut para pendukung Roma sebagai gerombolan berbahaya.

Romanista adalah grup pendukung yang berbahaya dan telah menunjukkan keinginan mereka untuk melakukan tindakan perusakan dan kekerasan,” bunyi pernyataan prefek Udine seperti dilansir Corriere dello Sport.

“Demi menjaga keamanan masyarakat, berbagai tindakan telah dilakukan. Penjualan tiket bagi penduduk di region Lazio (Roma), telah dilarang,” lanjut pernyataan tersebut.

Akibat dari kerusuhan di Verona, sekitar 21 pendukung Roma ditahan dan dilarang memasuki stadion. Pendukung Roma, memang terkenal akan militansinya. Lawan berat mereka adalah Ultras Lazio, yang notabene rival sekota Si Serigala.

Selain di Verona, para pendukung Roma juga sempat melakukan perkelahian massal ketika menghadapi Atalanta pada 2016. Sedangkan, selain keributan saat melawan Verona, para pendukung Roma juga berbuat ulah ketika menghadapi Chelsea di Liga Champions musim ini.

Tanpa militansi pendukungnya, jelas menjadi hal buruk bagi kubu Roma. Pasalnya, sejak ditangani oleh Massimo Oddo, Udinese begitu tangguh kala bermain di kandangnya. Mereka tak terkalahkan di sana pada empat pertandingan terakhir.

Roma punkerap kesulitan kala bermain di kandang lawan. Meski berhasil menang melawan Verona, Roma tak pernah menang di enam laga sebelumnya. Padahal, kemenangan amat dibutuhkan tim besutan Eusebio di Francesco untuk bisa kembali ke posisi tiga besar.

Saat ini, Roma masih menduduki posisi keempat klasemen sementara Serie A, dengan torehan 47 poin, berbeda satu poin dari Inter Milan di peringkat ketiga. Sedangkan, Udinese masih berada di posisi ke-10, dengan poin 33.


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR