Kongres PSSI 2018

Edy Rahmayadi: Indonesia Targetkan Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Reynaldi Hermawan · Sabtu, 13 Januari 2018 - 14:26 WIB

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi memukul gong tanda Kongres PSSI 2018 telah dibuka di ICE BSD, Sabtu (13/1/2018). (Foto: Reynaldi Hermawan/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id ­ Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Edy Rahmayadi mengungkapkan harapannya untuk membawa Indonesia menjadi tuan rumah piala dunia. Ujarannya tersebut mencuat saat dia memberi sambutan di acara Kongres PSSI 2018 yang diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Sabtu (13/1/2017).

Dalam pidatonya, dia memaparkan telah mencanangkan proyek tersebut sejak tujuh bulan yang lalu bersama anggota PSSI lainnya. Untuk itu, topik tersebut merupakan salah satu yang akan dibahas pada kongres kali ini demi memantapkan persiapan.

“Di tempat yang penuh rahmat ini, saya senang bisa memikirkan masa depan sepak bola Indonesia. Ada harapan besar dari kami untuk bangsa ini yang sudah kami rencanakan beberapa bulan lalu. PSSI sudah membuat grand design, yakni menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034,” kata Edy membuka pidatonya.

“Awalnya kami merencanakan di tahun 2046, namun sekarang ada kemajuan menjadi 2034. Hal ini bisa kalian catat, karena bukan sekedar dongeng. Jika pembahasan ini terlalu panjang dibicarakan hari ini, kami akan buat kongres lagi esok hari,” ujarnya dengan nada setengah bercanda.

Dia mengungkapkan, rencana untuk menjadi tuan rumah ajang sepak bola paling bergengsi di dunia itu memang harus dibicarakan dari jauh-­jauh hari. “Saya tidak tahu masih hidup atau tidak pada tahun tersebut. Tapi yang saya inginkan rencana ini sudah disiapkan matang­-matang sejak dini. Semoga tuhan memudahkan kita,” ujarnya.

Tak hanya topik piala dunia, Edy pun membeberkan mimpi­ besar PSSI lainnya. “2024 kita berencana untuk lolos Olimpiade. Setelah Asian Games nanti pun, kita akan mencari atlet berbakat untuk dijadikan generasi emas sepak bola Indonesia,” tutur pria kelahiran Sumatera Utara itu.

Dengan segudang harapan besar yang ditargetkan PSSI, Edy mengharapkan dukungan dari segala pihak yang terkait dan tentunya dari seluruh masyarakat Indonesia.

“Cita­-cita kami tak akan terwujud jika tak didukung kalian. Untuk itu, saya meminta support guna memperlancar hajat ini. Tak lupa dukungan yang diberikan harus disertai doa,” kata Edy mengakhiri pidatonya.

Jika benar hal itu terwujud, akan menjadi sebuah kebanggaan sendiri untuk masyarakat Indonesia. Pasalnya, belum ada sepanjang sejarah, negara Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia.


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR