Piala AFC 2018

Hasil Piala AFC: Mainkan Pelapis, Bali United Dihajar Yangon United

Reynaldi Hermawan · Selasa, 13 Februari 2018 - 16:51 WIB

Pemain Bali United I Nyoman Sukarja (kanan) berusaha menguasai bola, ketika timnya dikalahkan Yangon United, pada Grup G Piala AFC 2018, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (13/2/2018). (Foto: Twitter)

BALI, iNews.id – Bali United takluk 1-3 dari klub Myanmar Yangon United pada laga perdana Grup G Piala AFC di Stadion I Wayan Dipta, Selasa (13/2/2018) sore.

Pelatih Bali United Widodo Cahyono Putro menurunkan pemain lapis keduanya pada laga kali ini. Tercatat para pemain pilar seperti Ilija Spasojevic, Nick Van der Velden, dan Stefano Lilipaly tak masuk dalam starting XI.

Padahal, tanpa mereka Serdadu Tridatu tetap mampu mengusai jalannya pertandingan. Statistik babak pertama mencatat, tuan rumah berhasil mengusai aliran bola sebanyak 65 persen berbanding 35 persen.

Namun nyatanya, Yangon United tampil lebih efektif dengan berhasil memanfaatkan peluang yang ada. Terbukti, mereka sudah unggul pada menit ke-15. Mendapat umpan dari Kyaw Khant Min, Emmanuel Uzochukwo berhasil melayangkan sepakan keras yang tak mampu dihalau kiper Bali United I Made Wardana.

Tiga menit berselang, Yangon United berhasil menambah pundi-pundi gol. Sekou Sylla berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai mendapat assist cantik dari Lwin Maung Maung. Unggul dua gol membuat kepercayaan diri klub yang bermarkas di Thuwunna Stadium itu kian meningkat.

Alhasil, Sylla berhasil membukukan gol keduanya pada menit ke-25 setelah mendapat umpan silang dari Uzochukwu. Tak ingin malu di kandang sendiri, Bali United berinisiatif untuk balik mengancam.

Usaha mereka akhirnya menuai hasil pada penghujung babak pertama. Berawal dari bola rebound hasil tendangan rekan setimnya, I Gede Sukadana mampu mencocor bola liar untuk mengoyak gawang yangon FC yang dijaga Kyaw Zin.

Berniat menambah daya gedor, Widodo Cahyono Putro mencoba untuk memainkan Van Der Velden untuk menggantikan I Nyoman Sukarja pada paruh kedua tepatnya menit ke-64. Namun, pemain berpaspor Belanda itu gagal menunjukkan taji akibat solidnya lini pertahanan Yangon United.

Bali United sebenarnya bisa memperkecil jarak, setelah wasit memberikan hadiah penalti akibat pelanggaran yang dilakukan bek Yangon United pada menit ke-81. Belum beruntung, Kevin Brands yang ditunjuk sebagai algojo gagal menuntaskan tugas setelah sepakannya melebar di sisi kanan gawang Kyaw Zin.

Dengan kekalahan itu, Serdadu Tridatu harus puas terdampar di dasar klasemen tanpa perolehan satu pun poin. Mereka satu tingkat di bawah klub Filipina Global Cebu di tangga ketiga yang juga mengemas nirpoin namun dengan jumlah kebobolan yang lebih sedikit.

Sedangkan Yangon FC sukses bercokol di puncak klasemen dengan tiga angka. Mereka unggul selisih gol dari klub Vietnam FLC Thanh Hoa yang berada di tangga kedua dengan poin sama.

SUSUNAN PEMAIN

BALI UNITED (4-2-3-1)
I Made Wardana; I Made Andhika Wijaya, Agus Nova Wiantara, Ngurah Nanak, Muhamad Taufik Hidayat; Sutanto Tan, I Gede Sukadana; I Nyoman Sukarja (Nick van der Velden 64’), Kevin Brands, Feby Eka Putra (Miftahul Hamdi 34’); Yandi Munawar (Hanis Sagara Putra 60’)
Pelatih:
Widodo Cahyono Putro

YANGON FC (4-4-2)
Kyaw Zin; David Htan, Kekere Moukailou, Zaw Pyae Phyo, Khant Min Kyaw (Zin Oo Kyaw 37’); Kyi Lin (Suan Lam Mang 66’), Kosuke Uchida, Yan Aung Kyaw, Maung Maung Lwin; Ikechukwu Emmanuel, Sekou Sylla
Pelatih:
Myo Min Tun


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR