Bursa Transfer

Istanbul Basaksehir Pinjam Arda Turan 2,5 Tahun

Haryo Jati Waseso · Sabtu, 13 Januari 2018 - 20:34 WIB

Arda Turan (Foto: Barca Blaugranes)

ISTANBUL, iNews.id - Akhirnya kemana Arda Turan akan berlabuh musim ini, telah menemukan kejelasan. Pemain tim nasional Turki itu, akhirnya pulang kampung ke Turki dan memperkuat klub negaranya, Istanbul Basaksehir dengan status pinjaman 2,5 tahun dari Barcelona.

Sebelumnya, Turan memang disebut akan segera hengkang dari Barca pada Januari ini. Minimnya kesempatan bermain, menjadi alasan kepindahan pemain yang dikenal karena kecepatan dan kemampuannya melakukan drible.

Musim ini, pemain berusia 30 tahun tersebut sama sekali belum dimainkan oleh Pelatih anyar Azulgrana Ernesto Valverde. Bergabungnya Turan ke Istanbul Basaksehir, menjadi kali pertama dirinya bermain di Turki setelah pergi 5,5 tahun lalu.

“Arda Turan kembali ke negaranya menggunakan seragam oranye (seragam Istanbul). Ini tidak hanya transfer untuk Basaksehir, tetapi juga untuk seluruh Turki,” ungkap Presiden Istanbul Basaksehir Goksel Gumusdag seperti dilansir situs resmi klub.

Meski terkesan peminjamannya  terlalu lama, namun durasi 2,5 tahun akan bertepatan dengan habisnya kontrak Turan bersama Barcelona. Namun, kubu Istanbul mempersilahkan Barca menjual sang pemain, jika ada tawaran pada periode tersebut.

Turan mengawali petualangannya di Spanyol bergabung dengan Atletico Madrid dari Galatasaray pada Agustus 2011. Saat itu, dia ditebus dengan biaya transfer 12 juta euro atau setara Rp195 miliar.

Turan pun menjadi pemain Turki termahal. Bersama Los Colchoneros dia sukses memberikan satu gelar La Liga Spanyol dan Liga Europa. Vitalnya keberadaan Turan, membuatnya diakuisisi oleh Barcelona pada Juli 2015.

Dia diakuisisi dengan biaya transfer 34 juta euro (Rp554 miliar). Pada musim pertamanya, Turan sukses memberikan gelar La Liga dan Copa del Rey. Namun, pada musim keduanya permainan Turan menurun, apalagi dia sempat dibekap cedera.

Fakta bahwa Valverde tidak cocok dengan permainannya, ditambah dengan kedatangan Philippe Coutinho membuatnya memutuskan hengkang. Istanbul Basaksehir sendiri merupakan kekuatan baru di sepak bola Turki.

Setelah promosi ke Superlig Turki di akhir musim 2013/14, tim besutan Ibrahim Avci itu menunjukkan peningkatan performa yang cukup drastis. Musim lalu, mereka sukses menjadi runner-up Superlig.

Turan pun akan bertemu dengan sejumlah rekannya di timnas Turki, seperti kiper Volkan Babacan, Emre Belozglu, Kerim Frei dan Mevlut Erdic. Selain itu juga terdapat beberapa pemain berpengalaman seperti Gael Clichy dan Emmanuel Adebayor.


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR