Bursa Transfer

Kepindahan Arda Turan ke Klub Turki Segera Rampung

Reynaldi Hermawan · Jumat, 12 Januari 2018 - 00:10 WIB

Arda Turan. (Foto: IST)

BARCELONA, iNews.id – Masa depan Arda Turan di Barcelona kian menemui titik timu. Gelandang asal Turki itu disinyalir akan segera meninggalkan Camp Nou menuju klub negaranya, Istanbul Basaksehir.

Berdasarkan kabar terbaru yang beredar, kepindahan Arda ke klub yang bermarkas di Fatih Terim Stadium itu  akan segera diumumkan pekan ini. Bahkan, pelatih Basaksehir Abdullah Avci sudah mengungkapkan secara terperinci kapan kepindahan sang pemain akan terjadi.

“Transfer Arda Turan akan diumumkan pada hari Kamis (11/1/2018) atau Jumat (12/1/2018). Saya akui, ini bukan perpindahan mudah. Dia telah menjadi pemain incaran kami selama bertahun-tahun dan saya harus berterima kasih kepada presiden untuk penandatanganan ini,” kata Avci dikutip Soccerway.

Agen Arda, Ahmet Bulutt, pun sudah menyatakan sang klien akan segera hengkang dari Camp Nou. Terlebih kehadiran Philippe Coutinho, akan membuat pemain bernomor punggung tujuh itu kian tak mendapat tempat di skuad Ernesto Valverde.

“Arda Turan telah mencapai kesepakatan dengan Basaksehir dan dia tidak mau mendengarkan penawaran lain. Sebab, tekad dia sudah bulat ingin kembali merumput di Istanbul,” kata Bulut.

Ya, prestasi Arda di klub Catalan pun terbilang buruk. Berseragam Blaugrana selama dua musim, pemain kelahiran Fatih itu hanya mampu bermain 35 kali di semua ajang dan membukukan lima gol. Torehannya berbanding terbalik kala dia masih berseragam Atletico.

Di bawah asuhan Diego Simeone, dia selalu mendapatkan tempat utama dalam tim. Berkat kontribusinya, dia berhasil menyumbang satu gelar La Liga pada musim 2013/2014, Piala Eropa (2011/2012), Piala Super Spanyol (2014), Piala Super Eropa (2012), dan Copa del Rey (2012/2013).

Sebenarnya, Arda pernah merumput bersama klub Turki lainnya yakni Galatasaray. Bahkan, dia merupakan produk asli akademi sepak bola klub tersebut. Dia mulai dipromosikan ke tim senior pada 2005, dan memulai debutnya saat melawan Bursaspor pada Piala Turki, 22 Januari.

Enam tahun bersama klub yang berjuluk Aslan itu, dia berhasil melakoni 130 laga dan membukukan 29 gol di semua ajang. Tak hanya itu, dia berhasil menyumbang tiga trofi yakni Super Liga Turki (2007/2008), Piala Turki (2004/2005), dan Piala Super Turki (2008).


Editor : Abdul Haris

KOMENTAR