Liga Inggris

Klopp Ternyata Pernah Tampik Manchester United

Haryo Jati Waseso · Sabtu, 13 Januari 2018 - 22:11 WIB

Juergen Klopp (Foto: REUTERS/Carl Recine)

LIVERPOOL, iNews.id - Sebuah pengakuan mengejutkan diungkapkan pelatih Liverpool Juergen Klopp. Pembesut berkebangsaan Jerman itu mengakui dirinya pernah menolak tawaran Manchester United (MU), yang menawarkan posisi pelatih kepadanya pada 2014 lalu.

Ketika itu, Klopp yang masih menukangi Borussia Dortmund ditawari untuk menjadi suksesor David Moyes, yang dipecat karena hanya menduduki papan tengah Premier League 2013/14. Namun, dia langsung memutuskan menolaknya.

Pelatih berusia 50 tahun tersebut mengungkapkan bahwa dirinya merasa MU bukanlah klub yang tepat baginya. The Red Devils kemudian menunjuk Louis van Gaal sebagai pembesut di musim berikutnya.

“Ya, memang ada ketertarikan dari Manchester United. Ya, mereka memang tertarik sekitar setahun atau 1,5 tahun sebelumnya, namun semua tidak terasa benar. Saya bisa katakan MU bukan klub saya, semua tak terasa benar,” ungkapnya kepada Sky Sports.

Klopp pun kemudian memutuskan untuk istirahat sebentar dari sepak bola, usai menjalani musim mengecewakan bersama Borussia Dortmund di 2014/15. Namun, begitu Liverpool menghubungi, dia pun tak berpikir panjang

“Ya, saya seorang yang romantis di sepak bola. Saya percaya diri, namun tak seperti pelatih lain yang berpikir klub ini atau itu akan menghubungi. Banyak klub yang menghubungi, namun saya berkata tidak karena ingin beritirahat. Tapi istri saya tahu, jika Liverpool saya pasti setuju,” ujarnya.

“Ketika Liverpool menghubungi, saya tak mengiranya. Benar-benar di awal rencana saya. Namun, datang kemari dan merasakan semangat di sini, bagi saya seperti jodoh yang diatur oleh surga,” tutur pelatih kelahiran Stuttgart tersebut.

Klopp bergabung dengan Liverpool pada Oktober 2015. Ketika itu, dia menggantikan Brendan Rodgers karena dianggap gagal memperbaiki performa The Reds. Pada musim perdananya, Liverpool menduduki posisi kedelapan klasemen akhir.

Sedangkan di musim lalu, yang juga menjadi musim keduanya, klub Merseyside tersebut sukses ditempatkannya pada peringkat keempat klasemen akhir. Si Merah pun menunjukkan  berkembang pesat musim ini.

Performa Mohamad Salah dkk, kini cenderung stabil dan baru dua kali mengalami kekalahan. Memang, Liverpool masih berada di peringkat keempat klasemen sementara dengan torehan 44 poin, namun mereka hanya berbeda tiga poin dari Manchester United di posisi kedua.


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR