Jelang Asian Games 2018

Menpora: Uang Saku untuk Atlet dan Pelatih Cair 15 Januari

Reynaldi Hermawan · Jumat, 12 Januari 2018 - 15:43 WIB

Menpora Imam Nahrawi. (Foto: Dok. Koran Sindo)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi akan segera memberikan uang saku untuk para atlet dan pelatih yang akan mewakili Indonesia di Asian Games 2018.

Janji tersebut disampaikan saat Imam memberikan pidato pada sambutan di acara Rapat Koordinasi Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional Persiapan Asian Games XVIII Tahun 2018 di Wisma Menpora, Kantor Kemenpora, Senayan, Jumat (12/1/2018).

“Tanggal 15 Januari nanti mudah-mudahan sudah bisa cair uang saku untuk para atlet dan pelatih. Sedangkan untuk akomodasi akan dicairkan beberapa hari kemudian. Saya berharap anggaran tersebut bisa dipergunakan sebaik mungkin,” kata Imam.

Pada kesempatan tersebut, pria asal Jawa Timur itu juga mengimbau kepada para cabang olahraga (cabor) yang belum menandatangani MoU dengan pihak kementerian untuk segera melakukannya.

“Hingga pagi ini sudah ada 21 cabor yang sudah melakukan tanda tangan MoU. Bagi yang belum, saya mengajak secepatnya untuk segera menyelesaikan tahap tersebut. Sebab test event Asian Games akan segera berlangsung,” kata Imam.

Menurutnya, semakin cepat proses MoU rampung akan semakin baik. Sebab dana tersebut tentunya bisa digunakan untuk mengembangkan program-program yang dimiliki para atlet dan pelatih di cabor masing-masing.

Dia pun mengungkapkan jumlah dana yang dikucurkan pemerintah untuk kejuaraan empat tahunan ini sebesar Rp735 miliar.

“Jumlah uang sebesar itu akan didistribusikan dengan bijak. Namun selain untuk pelatih dan atlet masih ada sisa untuk berbagai hal antara lain number of event, pelatih asing, pengawasan KONI, dan CdM,” ujarnya.

Dia berharap dengan segala upaya yang sudah dilakukan pihaknya bisa membuat kontingen Merah Putih mampu meraih prestasi di kejuaraan nanti. Pasalnya Imam menyadari para wakil Indonesia itu tak hanya butuh sokongan moril, namun juga membutuhkan dukungan materil.

“Atlet adalah inspirator untuk mengharumkan nama bangsa. Mereka yang akan membawa nama baik bangsa dan negara sebagai bagian sukses prestasi dan sukses penyelenggaraan,” Imam mengakhiri komentarnya.


Editor : Abdul Haris

KOMENTAR