Niat Pensiun Tahun Depan, Ini Kegiatan Ronaldinho Selanjutnya

Abdul Haris · Rabu, 06 December 2017 - 15:11 WIB

Ronaldinho. (Foto: dnindia.com)

RIO DE JANEIRO, iNews.id – Mantan bintang Barcelona dan tim nasional Brasil Ronaldinho mengumumkan bahwa dirinya berniat pensiun dari sepak bola pada 2018.

Dalam dua tahun terakhir, playmaker 37 tahun itu tak memiliki klub sejak meninggalkan Fluminense tiga bulan sebelum kontraknya kedaluarsa pada September 2015. Awal 2017 lalu, agennya mengatakan bahwa dia siap teken kontrak dengan klub profesional baru, namun sampai kini belum terealisasi.

Sejak saat itu, mantan pemain Paris Saint-Germain dan AC Milan itu menghabiskan waktunya mengikuti laga eksebisi di seluruh dunia, dan juga menjalani tugasnya sebagai duta Barcelona.

Sampai akhirnya, dia mengonfirmasi akan gantung sepatu dari sepak bola profesional tahun depan. Dia berniat fokus menjalani aktivitasnya di luar olahraga.

“Pada kesempatan ini, saya pikir saya akan mengatakan selamat tinggal sepak bola tahun depan secara resmi. Saya mungkin akan memainkan laga perpisahan buat tim yang saya mainkan, itu sesuatu yang harus kami pikirkan segera,” ucap Ronaldinho dikutip Soccerway.

“Ketika saya pensiun dari sepak bola, kemudian saya akan melakoni proyek musik dan sekolah sepak bola saya. Buat saya itu sesuatu yang baru, saya akan beradaptasi,” ungkapnya.

Ronaldinho tercatat dengan tinta emas dalam persepakbolaan dunia. Dia pernah menjadi pemain terbaik dunia dua kali beruntun pada 2004 dan 2005. Dia juga pernah membawa Brasil juara Piala Dunia 2002, serta membantu Barcelona juara Liga Champions, dan menolong Atletico Mineiro kampiun Copa Libertadores.

Meski sudah lama meninggalkan hingar bingar sepak bola top Eropa, namanya masih laku dijual. Terbukti, dia banyak mendapat endorsement dari banyak perusahaan seperti Nike, Pepsi, Coca-Cola, EA Sports, Gatorade dan Danone.

Bahkan, pria kelahiran Porto Alegre itu pernah menjadi salah satu pemain yang mendapatkan pemasukan terbesar dari endorsement. Pada 2006, dia mendapatkan USD19 juta (Rp257 miliar) dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Hampir sepanjang kariernya dia menjadi model Pepsi bersama David Beckham, Thierry Henry dan Lionel Messi. Pada 2011, dia sempat teken kontrak dengan Coca-Cola, namun kemudian kesepakatan itu diputus pada Juli 2012 karena Ronaldinho tertangkap kamera sedang minum Pepsi dalam jumpa pers.


Editor : Abdul Haris

KOMENTAR